Kamis 21 Oktober 2021, 12:20 WIB

Tulisan Tangan Puisi Jokpin Dilelang Demi Yatim Piatu Covid-19

Fathurrozak | Weekend
Tulisan Tangan Puisi Jokpin Dilelang Demi Yatim Piatu Covid-19

MI/ Adam Dwi Putra
Penyair Joko Pinurbo atau akrab disapa Jokpin.

 

JOKO Pinurbo atau akrab disapa Jokpin adalah salah satu penyair senior yang masih populer di kalangan anak muda masa kini. Ia memiliki ciri khas puisinya bergaya humor satir. 

Beberapa buku puisinya yang laris di pasar di antaranya adalah Perjamuan Khong Guan dan Buku Latihan Tidur. Sebelumnya ia juga pernah merilis buku puisi Selamat Menunaikan Ibadah Puisi, dan Celana. 

Jokpin telah dua kali diganjar penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa, yakni pada 2005 dan 2015. Pada Kusala Sastra Khatulistiwa tahun ini pun ia kembali masuk nominasi lewat buku puisi Sepotong Hati di Angkringan.

Di masa pandemi ini Jokpin juga menyuarakan kegetirannya lewat puisi. Di puisi Juli 2021, misalnya, ia dengan singkat menulis “Hari-hariku terbuat dari innalillahi.” Jokpin mengatakan, di tengah pandemi memang ia hampir setiap hari dipenuhi dengan momen yang puitis. Seperti ketika ia mendengar ambulans yang meraung-raung pada Juli silam, dan mengilhaminya menulis puisi Ambulans.

“Saya memang tidak melihat sosok yang ada di dalam ambulans. Tapi saya bisa membayangkan misalnya saya yang ada di dalam. Ini masa yang puitis sebetulnya, dan selama pandemi ini banyak sekali yang bisa ditulis. Saya banyak menulis puisi selama pengalaman menjalani masa pandemi ini. Tapi puitisnya versi saya. Puisi yang getir dan yang menimbulkan rasa sedih.” kata Jokpin dalam salah satu diskusi panel di Festival Bantu Teman, bulan lalu.

Tidak hanya menulis puisi, Jokpin pun tergerak untuk terlibat menggalang donasi bagi masyarakat terdampak covid-19, khususnya anak yatim piatu akibat wabah itu. Sastrawan yang berdomisili di Yogyakarta ini memberikan tulisan tangan dari puisi Malam Rindu untuk diikutkan dalam lelang puisi yang digelar Media Indonesia. Malam Rindu ditulisnya pada 2016 dan menceritakan tentang situasi demokrasi di Indonesia. 

Lelang puisi akan berlangsung dalam rangkaian puncak acara Festival Bahasa dan Sastra 2021: Indonesia Sejati pada 29 Oktober 2021. Untuk lelang tersebut, puisi Jokpin dibingkai dan dilengkapi dengan ilustrasi yang diciptakan oleh ilustrator dan kartunis Media Indonesia peraih penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2017, Budi Setyo Widodo.

Selain puisi Jokpin, ada 10 tulisan tangan puisi lainnya yang akan dilelang. Termasuk, karya penyair senior Remy Sylado dan puisi milik penyair asal Lampung peraih Kusala Sastra Khatulistiwa tahun lalu Inggit Putria Marga. (M-1)

Baca Juga

Dok. Musica

Musica Rilis Piringan Hitam Album Lawas Dian Pramana Poetra

👤Fathurrozak 🕔Kamis 09 Desember 2021, 14:01 WIB
Aslinya, album Kau Seputih Melati ini dirilis pada...
AFP/OLIVIER DOULIERY

Instagram Siapkan Notifikasi Pengingat Rehat Sosial Media

👤Putri Rosmalia 🕔Kamis 09 Desember 2021, 07:00 WIB
Fitur baru bernama Take a Break tool. Fitur itu akan hadir berupa notifikasi atau pengingat bagi penggunanya agar melakukan rehat sementara...
AFP

Lagi, Ilmuwan Temukan Bukti Adanya Air di Planet Mars

👤Galih Agus Saputra 🕔Kamis 09 Desember 2021, 06:25 WIB
Nama wilayah itu disematkan Astronom Italia, Giovanni Schiaparelli pada 1879, yang mana luasnya diperkirakan sedikit lebih besar dari benua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya