Rabu 29 September 2021, 06:00 WIB

Cara Ampuh Membasmi Kutu Rambut

Nike Amelia Sari | Weekend
Cara Ampuh Membasmi Kutu Rambut

MI/PANCA SYURKANI
Seorang anak yang terkena kutu rambut

 

Kutu rambut merupakan parasit kecil di area kulit kepala yang mengisap darah serta menimbulkan rasa gatal. Dalam istilah medis disebut pedikulosis. Parasit ini umum dialami orang dengan perkiraan jumlah kasus sebanyak 6-12 juta per tahun.

Keberadaan kutu rambut  dapat berkembang biak dengan bertelur di sekitar kulit kepala. Kutu rambut juga dapat menular, salah satunya lewat penggunaan sisir bersamaan dengan orang yang terjangkit penyakit ini.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr. dr. Dhelya Widasmara Sp.KK (K) FINSDV, menjelaskan, siapa saja dapat terjangkit kutu rambut meskipun kasusnya paling sering dialami oleh anak-anak usia 3-12 tahun. Selain itu, penularan hewan kecil ini juga dapat melalui dua cara yaitu secara langsung dan tidak langsung.

"Secara langsung, kontak fisik. Secara tidak langsung, berbagi atau saling pinjam sisir, sikat, pengering rambut, aksesoris rambut, kain pelapis, bantal sprei, helm, atau penutup kepala lainnya," jelasnya di akun instagram pribadinya @dhelya_spkk, Selasa (28/9).

Dokter Lala, demikian sapaannya, menyarankan untuk menghilangkan kutu ini dengan cara membasahi rambut lalu mengoleskan obat pembasmi kutu rambut ke seluruh area kepala, kemudian diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas bersih dan diulang selama 7 hingga 10 hari.

Selain itu,ada pula cara alami yang dapat membasmi kutu rambut, seperti  dilansir dari healthline.com. Berikut beberapa di antaranya:

1. Sisir kutu
Menyisir basah ialah cara tradisional untuk membasmi kutu rambut. Menurut British Medical Journal, metode ini memiliki manfaat yaitu membuat kutu lebih terlihat, membedakannya dari ketombe, dan harganya terjangkau.

Menyisir basah melibatkan penyemprotan kondisioner pada helai rambut basah kemudian menggunakan sisir bergigi halus. Meskipun metode menyisir basah bisa efektif,  ini harus dilakukan dengan konsisten dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

2. Penggunaan minyak esensial (essential oill)
Sejumlah minyak esensial telah terbukti efektif dibarengi dengan menyisir untuk menghilangkan kutu rambut. Minyak yang efektif ampuh di antaraya tea tree oil, minyak lavender, minyak zaitun, minyak nimba (neem oil), minyak cengkeh, minyak kayu putih, minyak adas manis,  serta minyak daun kayu manis.

Caranya, campurkan 2 ons minyak zaitun dengan 15 hingga 20 tetes minyak esensial. Oleskan campuran ini ke kulit kepala menggunakan bola kapas. Biarkan di kulit kepala dan rambut semalaman atau setidaknya 12 jam. Sisir lalu keramas dan bilas serta ulangi langkah ini.

Tetapi, perlu diperhatikan untuk anak-anak dalam penggunaan minyak essensial karena beberapa anak mungkin akan mengalami reaksi alergi untuk jenis minyak essensial tertentu. Sebelum menggunakan minyak esensial apa pun, selalu encerkan dengan minyak pelarut atau minyak pembawa seperti minyak jojoba, lalu taruh setetes kecil campuran encer di punggung tangan anak. Jika tidak ada reaksi, minyak esensial harus aman digunakan. (M-4)

Baca Juga

AFP/Chris Delmas

Kim Kardashian Berkolaborasi dengan Fendi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 11:54 WIB
Merek shapewear Kim Kardashian West, Skims, berkolaborasi dengan Fendi dalam sebuah koleksi pakaian baru, kata perusahaan itu, dilansir...
MI

Ternyata Hal Ini yang Memicu Kerusakan Bahasa

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 05:15 WIB
Di masa datang, bahasa Indonesia diharap lebih banyak menyerap kosakata dari bahasa lokal ketimbang bahasa...
123RF

Yang Masih Menjadi Ganjalan dalam Dunia Puisi Indonesia

👤Fathurrozak 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 01:41 WIB
Penyair Joko Pinurbo dan Inggit Putria Marga akan melelang puisi tulisan tangan mereka untuk aksi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya