Kamis 15 April 2021, 06:05 WIB

Anak Berusia 9 Tahun Beri Nama Spesies Baru Spons Laut di Inggris

Bagus Pradana | Weekend
Anak Berusia 9 Tahun Beri Nama Spesies Baru Spons Laut di Inggris

Boris HORVAT / AFP
Ilustrasi: Spons berbentuk bulat di dasar laut

 

Spons laut unik yang berwarna ungu ini akhirnya memiliki nama setelah seorang gadis berusia sembilan tahun mendapatkan kesempatan emas untuk memberikan nama pada makhluk laut tersebut.

Spesies spons baru ini ditemukan di pantai utara kawasan Norfolk, Inggris oleh seorang penyelam sukarelawan pada tahun 2011.  Namun, selama satu dekade setelah penemuannya, spons ini tak kunjung memperoleh nama yang tepat, hingga pada akhir Januari lalu, Masyarakat Konservasi Laut Inggris (Marine Conservation Society) meminta beberapa masukan nama untuk spons baru tersebut dari anak-anak sekolah di Norfolk.

Usaha ini tampaknya tak sia-sia, karena ada seorang anak bernama Sylvie, yang saat ini masih bersekolah di Sekolah Desa Langham, mengajukan sebuah nama yang akhirnya disetujui oleh Masyarakat Konservasi Laut, nama tersebut adalah 'Parpal Dumplin'.

"Sponsnya berwarna ungu dan terlihat seperti pangsit," demikian alasan Sylvie mengajukan nama tersebut, seperti dilansir dari bbc.com, Rabu (14/4).

Karena ejaan 'parpal' (ungu) yang khas Norflok, membuat para ahli bersepakat secara bulat dengan usulan anak sembilan tahun tersebut.

Peneliti spesialis spons, Claire Goodwin mengatakan proyek penamaan telah menghasilkan nama yang cukup layak untuk digunakan spesies spons baru ini, sampai ke proses penamaan ilmiahnya.

"Spesies baru ini termasuk dalam kategori sub-genus spons yang dikenal sebagai Hymedesmia (stylopus). Penamaan ini menurut saya cukup umum dan menarik," papar Goodwin.

Ada lebih dari 11.000 spesies spons yang membantu menjaga air laut tetap bersih, karena sponge mengonsumsi partikel kecil makanan yang mengapung di dalam air. (M-4)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Rupiah Digital sebelum Cryptocurrency

👤Putri Rosmalia 🕔Minggu 28 November 2021, 06:30 WIB
TREN investasi aset kripto tengah meningkat di...
MI

Sudoku edisi 28 November 2021

👤MI 🕔Minggu 28 November 2021, 06:20 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...
MI/M. Tiyok

Jon Bodo: Camilan

👤M. Tiyok 🕔Minggu 28 November 2021, 06:10 WIB
TUMBEN si Jon punya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya