Kamis 28 Januari 2021, 07:40 WIB

Bayi Tyrannosaurus Ditemukan, Ternyata Hanya Sebesar Anjing

Bagus Pradana | Weekend
Bayi Tyrannosaurus Ditemukan, Ternyata Hanya Sebesar Anjing

Unsplash/ Stephen Leonardi
(Ilustrasi) Meski dapat mencapai panjang belasan meter, saat menetas Tyrannosaurus hanya sebesar anjing.

TIM paleontolog dari Universitas Edinburgh, Inggris baru saja memeriksa sisa-sisa fosil tulang rahang dan cakar kecil yang ditemukan di Kanada dan Amerika Serikat. Kuat dugaan sisa-sisa fosil tersebut merupakan fosil embrio milik bayi Tyrannosaurus. Hal itu merupakan penemuan pertama dalam sejarah.

Melalui pemindaian 3 dimensi, tim peneliti juga menemukan fakta mengesankan lainnya. Saat menetas, ukuran bayi Tyrannosaurus nyatanya hanya sebesar anjing Border Collie, yang merupakan jenis anjing penggembala asal Skotlandia.

Tepatnya, panjang bayi reptil raksasa yang hidup lebih dari 70 juta tahun itu hanya sekitar 91 sentimeter. Itu memberi gambaran jika pertumbuhan Tyrannosaurus bisa amat pesat karena dapat mencapai panjang 12,2meter dengan berat sekitar delapan ton.

Dr. Greg Funston, dari School of GeoSciences Universitas Edinburgh mengungkapkan bahwa penemuan awal fosil embrio Tyrannosaurus ini merupakan pintu masuk untuk lebih memahami perkembangan reptil ikonik tersebut. "Tulang-tulang ini adalah jendela pertama untuk mengkaji kehidupan awal Tyrannosaurus, dari sini kita tahu tentang ukuran dan penampilan bayi Tyrannosaurus di awal kelahirannya," papar Dr. Funston, seperti dilansir dari bbc.com, Senin (25/1).

"Kami sekarang tahu bahwa mereka akan menjadi tukik terbesar yang pernah muncul dari telur, ciri fisiknya juga terlihat sangat mirip dengan induknya, ini merupakan pertanda baik untuk mengkaji lebih banyak fosil seperti di masa depan," imbuhnya. Studi lengkap mengenai penemun Bayi Tyrannosaurus ini juga dipublikasikan dalam Canadian Journal of Earth Sciences, Senin (25/1) lalu. (M-1)

Baca Juga

Butet. K/Widiyatno

Bung Sentil Kekurangan Pemimpin

👤Butet. K 🕔Minggu 28 Februari 2021, 04:10 WIB
Kamu tuh baru LULUS UJIAN Kalau bisa bikin PROYEK MANGKRAK!!! Kalau tidak saya...
MI/Tiyok

Jon Bodo Belanja

👤Tiyok 🕔Minggu 28 Februari 2021, 04:10 WIB
Mumpung ada waktu belanja...
Dok. MI

Sudoku Edisi 28 Februari 2021

👤Media Indonesia 🕔Minggu 28 Februari 2021, 04:05 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number place) merupakan teka-teki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya