Sabtu 20 April 2019, 23:55 WIB

Prihatin akan Stereotip

MI | Weekend
Prihatin akan Stereotip

MI/Ramdani
Sakdiyah Ma'ruf

 

DI dalam negeri, Sakdiyah dengan humor-humornya yang memprovokasi tidak jarang mendapat kecaman. Namun, di luar negeri, materi tak lazim dari komika yang memiliki sapaan Diyah itu justru menuai pujian.

Kendati demikian, fenomena itu malah memantik keprihatinan di diri Diyah. Mengapa?

“Di luar negeri, saya mendapat banyak dukungan dan saya berterima kasih atas apresiasi itu. Tetapi justru itu masalahnya. Saya dielu-elukan sebagai ikon perempuan muslimat yang berani bicara melawan fundamentalisme, melawan ekstremisme. Ini sayangnya meneguhkan stereotip betapa tertindasnya perempuan muslim sehingga ada satu saja berani bicara, bisa menjadi ikon,” tuturnya, saat berbincang dengan Media Indonesia.

Diyah bersyukur, paling tidak medium yang dipilihnya memungkinkan ia untuk luwes melontarkan kritik sekaligus ‘meluruskan’ stigma perempuan muslim dari kacamata masyarakat negara Barat.

“Karena platform saya komedian, saya sangat terbuka. Kritik saya terhadap Barat saya sampaikan secara terbuka. Mudah- mudahan dampak kehadiran saya positif, dapat menjadi role model perempuan muslimat, dan meminimalkan anggapan perempuan muslim itu tertindas.”

Keinginannya untuk dapat menjadi teladan yang baik juga tidak terlepas dari peran barunya sebagai seorang ibu dari bayi perempuan yang kini kurang lebih berusia 11 bulan. Sedari dini, Diyah sudah bertekad untuk menanamkan nilai kekeluargan dan kepercayaan diri kepada buah hatinya tersebut.

“Saya ingin menanamkan kepada anak saya, family stick together. Kemudian, you are human. Kita adalah manusia dengan segala kewajiban kepada Allah dan sesama manusia dan takdir kita adalah perempuan. Namun, saya ingin tanamkan, ja­ngan­lah takdirmu sebagai perempuan membatasimu berkarya dan merealisasikan your fullest hu­manity potential,” pungkas perempuan yang mengoleksi ratusan buku di rumahnya itu. (Riz/M-2)

 

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

MI/ Agus Mulyawan

Segar dan Kaya Rasa dari Hotel Legendaris Bogor

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 04 Juli 2022, 12:00 WIB
Paduan bumbu sup dan rempah seperti kapulaga dan kayu manis, membuat sop buntut hotel Salak the Heritage, segar dan...
MI/Tosiani

Mengenang Sapardi, Iluni dan PPKB FIB UI Gelar Lomba Puisi untuk Siswa SLTA

👤Adiyanto 🕔Senin 04 Juli 2022, 08:25 WIB
Lomba puisi ini bertujuan untuk mengenalkan karya-karya Sapardi di kalangan generasi...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho G

Studi: ASI Tingkatkan Kemampuan Kognitif Anak pada Keluarga Miskin

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 04 Juli 2022, 07:30 WIB
Penelitian yang dilakukan pada 6 ribu anak tersebut dilakukan pada kalangan keluarga miskin di berbagai wilayah di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya