Kamis 17 November 2022, 18:03 WIB

Maksimalkan Media Sosial Jadi Sarana Pemasaran Digital, Begini Caranya

Mediaindonesia.com | Teknologi
Maksimalkan Media Sosial Jadi Sarana Pemasaran Digital, Begini Caranya

Freepik.com
Ilustrasi media sosial

 

PEMASARAN digital menjadi medium yang banyak digunakan oleh pelaku usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Salah satu prasarana yang digunakan ialah melalui media sosial.

Ketua Umum Sobat Cyber Indonesia Virna Lim mengatakan, salah satu bentuk pemasaran yang marak digunakan akhir akhir ini adalah pemasaran menggunakan media digital yang menggunakan platform media sosial dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau jasa. 

Ia mengungkapkan, ada 5 tips meningkatkan penjualan melalui sosial media. Pertama, selalu tentukan target potensial Anda. Kedua, gunakan caption, hastag yang menarik di setiap postingan. Ketiga, selalu respon setiap kali ada pelanggan atau audiens yang komen atau DM ke sosial media Anda. 

Ke empat, tentukan platform sosial media yang tepat dengan target potensial Anda. Terakhir, jangan lupa untuk melakukan promosi seperti diskon setiap kali melakukan posting produk Anda," papar Virna dalam webinar bertajuk Konsep Bisnis Digital : Selling Through Social Media yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

Relawan MAFINDO Jakarta Sukma Nurjagat mengungkapkan, ada 4 etika bertransaksi di ruang digital yang perlu diketahui. Pertama, daftarkan diri baik penjual dan pembeli sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan. Kedua, kenali dengan baik seluruh fitur yang tersedia, 

ketiga, pastikan perangkat digital yang digunakan untuk transaksi dari sudah aman. Terakhir, baik penjual maupun pembeli sebaiknya memberikan layanan bantuan yang mudah untuk di akses," ujar Sukma.

Komite Edukasi MAFINDO Julita Hazelianan menegaskan, apapun aktivitas yang dilakukan di ruang digital tidak pernah ada yang 100% aman.

Baca juga : Ini Tips Optimalkan Konten Sebagai Medium Pemasaran Digital

"Karenanya selalu berpikir kritis dan tidak mudah percaya dengan semua hal yang ada di internet dapat menjadi satu proteksi keamanan yang paling efektif untuk menghindarkan kita dari tindakan kejahatan internet," papar Julita.

Webinar itu merupakan bagian dari program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kemenkominfo pada 2021 untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia.

Berdasarkan survei Nasional Kemenenkominfo dan Katadata pada 2021, tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 5 atau masih kategori sedang belum mencapai kategori baik.

Program Cakap Digital yang fokus pada 4 pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital pun diluncurkan dan menargetkan peringkat literasi divital Indonesia meningkat.

"Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas. Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar”, ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok ist

Fight for Access Accelerator Berdayakan Startup Bidang Kesehatan Karya Perempuan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 21:16 WIB
Program Fight for Access Accelerator di Indonesia difokuskan untuk mencari para pembuat startup karya perempuan khusus untuk layanan dan...
Dok. IndoTelko

Hadapi Resesi Global 2023, Industri Telekomunikasi Perlu Kolaborasi dalam Ekosistem Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:07 WIB
Krisis ekonomi global diprediksi masih akan ada pada 2023, Meski demikian, industri  telekomunikasi di Indonesia dinilai masih bisa...
DOK Pribadi.

PHK Ancam Start-up, IndoSterling Technomedia Tetap Optimistis 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 18:44 WIB
Ia mengaku salah satu kekuatan yang membuat TECH tetap berjalan karena produk bussiness to bussiness (B2B) menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya