Rabu 16 November 2022, 16:04 WIB

Ini Tips Optimalkan Konten Sebagai Medium Pemasaran Digital

Mediaindonesia.com | Teknologi
Ini Tips Optimalkan Konten Sebagai Medium Pemasaran Digital

Freepik.com
Ilustrasi konten

 

PRODUKSI konten terus meningkat di tengah makin tingginya pemanfaatan media sosial. Salah satu jenis konten yang juga meningkat signifikan ialah konten pemasaran atau marketing content yang kini juga banyak dilakukan pelaku usaha di media sosial.

Business Consultant & Praktisi Literasi Digital Syarif Maulana menjelaskan, konten marketing adalah cara pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan konten sebagai sarana atau alat untuk melakukan pemasaran tersebut. 

Konten yang digunakan tentunya yang memiliki tujuan promosi atau memasarkan produk dan jasa. Terdapat 4 alasan melakukan pemasaran konten. Pertama  dapat meningkatkan brand awareness. 

"Kedua, menjadi parameter untuk optimasi SEO. ketiga, mampu meningkatkan konversi pelanggan. Terakhir, dapat digunakan sebagai kebutuhan investasi jangka panjang," papar Syarif dalam webinar bertajuk Konsep Bisnis Digital: Content Marketing yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

Ketua Prodi Perdagangan Internasional Politeknik APP Jakarta Bayu Sutjiatmo mengatakan, konten marketing merupakan sebuah strategi pemasaran yang berguna untuk menarik perhatian audiens yang dituju. 

Menurutnya, Ada 3 hal yang perlu dilakukan agar tetap beretika dalam melakukan konten marketing. Pertama, hindari membuat konten promosi yang negatif. Kedua, berikan informasi yang jelas agar mudah dimengerti dan tidak menimbulkan mispersepsi. 

"Terakhir, selalu jujur dan hindari plagiasi dalam membuat konten pemasaran," jelas Bayu Sutjiatmo. 

Baca juga : Ini Tips Melakukan Social Media Branding yang Baik

Co-Founder Paberik Soeara Rakjat Rizki Nugroho menambahkan, ada 3 aktivitas sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan sosial media platform kita. Pertama, selalu mengaktifkan dan menggunakan pengamanan yang berjenjang kepada setiap platform kita. 

"Kedua, selalu perbaharui password secara berkala. Terakhir, selalu waspada jika mendapatkan link atau web yang bukan dari sumber yang terpercaya," ujar Rizki.

Webinar itu merupakan bagian dari program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kemenkominfo pada 2021 untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia.

Berdasarkan survei Nasional Kemenenkominfo dan Katadata pada 2021, tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 5 atau masih kategori sedang belum mencapai kategori baik.

Program Cakap Digital yang fokus pada 4 pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital pun diluncurkan dan menargetkan peringkat literasi divital Indonesia meningkat.

"Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas. Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar”, ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate. (RO/OL-7).

Baca Juga

DOK MI.

Cegah Serangan DDoS, StormWall dan IDCloudHost Luncurkan Sistem Keamanan Siber

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 12:25 WIB
Pada kuartal ketiga 2022, Singapura mengalami lebih banyak serangan DDoS L3/4 daripada wilayah lain di...
Ist

Industri Aset Virtual Respons Seruan G20 untuk Tawarkan Solusi Isu Regulasi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 10:25 WIB
Sejumlah Penyedia Layanan Aset Virtual atau Virtual Asset Services Providers (VASPs) telah mengumumkan usulan industri khusus yang...
Dok. 123RF.com

Raih Penghasilan dari Discord

👤Pro/M-2 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 07:40 WIB
APLIKASI Discord mengumumkan perluasan fitur langganan mereka untuk para...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya