Selasa 08 November 2022, 14:34 WIB

Wujudkan Event Aman dan Nyaman dengan Bantuan Teknologi

mediaindonesia.com | Teknologi
Wujudkan Event Aman dan Nyaman dengan Bantuan Teknologi

Ist
Penggunaan teknologi yang salah satu fiturnya adalah mengontrol jumlah pengunjung makin dibutuhkan.

 

TAHUN 2022 ditandai sebagai tahunnya event bersinar lagi. Kenyamanan pengunjung dalam event pameran, konser, olahraga, festival kuliner dan acara lainnya perlu mendapat perhatian khusus.

GOERS, start-up di bidang experience yang turut memproses tiket untuk berbagai acara, mencatat jumlah pengunjung event meningkat hampir 2,5 kali lipat pada tahun 2022 jika dibandingkan dengan tahun 2021.

Dengan menggeliatnya kembali perhelatan acara di Indonesia, Menparekraf Sandiaga Uno baru-baru ini dengan tegas mengingatkan kembali seluruh pelaku event untuk terus mematuhi CHSE – Cleanliness (kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keselamatan), dan Environment Sustainability (Keberlanjutan Lingkungan).

Nugroho dari Barcode Organizer mengungkapkan,“Lingkup kerja event organizer (EO) tidak hanya sebatas melaksanakan kegiatan dan bermitra dengan promotor yang mengumpulkan pendukung acara."

"EO juga wajib menyusun detail alur penikmat acara, mulai dari proses booking hingga event selesai diadakan. Kami juga wajib memastikan bahwa event berlangsung sesuai kaidah CHSE yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan bantuan teknologi,” kata Nugroho dalam keterangan, Selasa (8/11).

Baca juga: WhatsApp Kenalkan Fitur Komunitas

Barcode Organizer memiliki sepak terjang yang panjang di dunia event. Didirikan pada 2014, event organizer bermarkas di Jakarta ini telah menangani sejumlah ajang berskala nasional, seperti Impactnation Japan Festival dan Festival Cosplay 2022 Yabaii Matsuri.

“Awalnya, teknologi hanya digunakan untuk promosi event. Sekarang teknologi digunakan untuk penjualan tiket dan pengaturan kuota sesuai dengan kapasitas venue," kata Nugroho.

Semakin banyaknya event yang kembali digelar dan meningkatnya jumlah pengunjung acara, penggunaan teknologi yang salah satu fiturnya adalah mengontrol jumlah pengunjung makin dibutuhkan.

"Dengan mengetahui jumlah pengunjung real time, pengelola event dapat menerapkan sistem peringatan dini dan melakukan langkah mitigasi lainnya, jika dibutuhkan,” lanjut Nugroho.

GOERS turut mengembangkan fitur-fitur mutakhir untuk membantu kelancaran event dalam berbagai skala – mulai dari perhelatan nasional hingga acara lokal.

“Teknologi telah mengubah wajah industri event Tanah Air. Mulai dari menghadirkan manajemen ticketing digital untuk mengurangi penjualan tiket palsu hingga sistem check-in yang contactless, kini kami menghadirkan teknologi crowd control guna mencegah over kapasitas," kata Sammy Ramadhan, Co-founder & CEO, GOERS.

"Teknologi GOERS memiliki sistem indikasi yang menunjukan jumlah pengunjung secara real-time dan akurat. Kami memutakhirkan fitur ini untuk membantu pengelola mewujudkan perhelatan yang aman dan nyaman,” jelas Sammy.

Selain mencegah over kapasitas, GOERS juga menghadirkan manajemen ticketing digital dengan solusi terintegrasi, seperti marketing dan penjualan tiket online, hingga rekonsiliasi data yang akurat dan efisien. Ada juga fitur analitik untuk memberikan insight bagi pengelola event. 

“Banyak penikmat event yang ingin merasakan kembali sensasi nonton event. Untuk itu, para stakeholder di industri ini sebaiknya mengadopsi teknologi untuk mewujudkan acara yang sesuai dengan kaidah CHSE seperti yang diamanatkan oleh Bapak Menteri Sandiaga Uno,” pungkas Sammy.

Hingga saat ini, GOERS telah memiliki 4.500 mitra dan sudah membantu terselenggaranya lebih dari 30.000 event, atraksi dan bisnis experience. Sebanyak 6.500.000 tiket telah diproses oleh GOERS.

Hingga saat ini, GOERS telah memiliki 4.500 mitra dan sudah membantu terselenggaranya lebih dari 30.000 event, atraksi dan bisnis experience. Sebanyak 6.500.000 tiket telah diproses oleh GOERS. (RO/Ol-09)

Baca Juga

Ist

Tim 'Hear Me' Raih Juara Pertama 'Hyundai Startup Challenge 2022'

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 20:00 WIB
Pemenang pertama tim Hear Me, dengan karya yang dapat meningkatkan aksesibilitas bagi penderita tunarungu dalam kehidupan...
DOK. Pribadi

Inspiratif Anak Muda ini Dulu Kuli, Sekarang Pengusaha Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 19:10 WIB
Tri Hariyanto atau akrab disapa Mbah Tri, mantan kuli bangunan kemudian sukses membangun karier sebagai online-preneur atau pengusaha...
Dok. Hegel Ectech Indonesia

Hegel Solar Hadirkan Mesin Pemanas Air Ramah Lingkungan dan Ramah Kantong

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 16:59 WIB
Meski menggunakan panel surya sebagai sumber tenaganya, instalasi Hegel Solar dipastikan mudah dan aman, layaknya memasang water heater...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya