Sabtu 05 November 2022, 10:00 WIB

Aplikasi AquaHero dari Delos Bikin Manajemen Tambak Udang Makin Efisien

Mediaindonesia.com | Teknologi
Aplikasi AquaHero dari Delos Bikin Manajemen Tambak Udang Makin Efisien

Dok. Delos
Peluncuran aplikasi AquaHero dari Delos di Jakarta, Jumat (4/11)

 

USAHA rintisan (startup) aquatech, Delos, meluncurkan aplikasi AquaHero untuk mendampingi perjalanan budidaya udang di Indonesia. AquaHero merupakan aplikasi manajemen tambak udang yang menawarkan kemudahan pemantauan kondisi tambak secara menyeluruh berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan dipersonalisasi.

CEO Delos Guntur Mallarangeng memaparkan, aplikasi AquaHero dapat memudahkan para petambak untuk memonitoring dan meningkatkan produktivitas tambak udang mereka melalui fitur-fitur yang ada di dalamnya. 

"Kami ingin merangkul dan mendampingi para petambak melalui berbagai fitur yang ada di dalam aplikasi AquaHero ini. Dengan harapan, produktivitas industri tambak udang di Indonesia terus meningkat secara nyata," ujar Guntur

AquaHero juga hadir dalam versi aplikasi ponsel yang diciptakan untuk mempermudah akses pengguna, baik pemilik tambak, penanggung jawab tambak, hingga para teknisi kolam untuk memonitor serta mengunggah data kondisi tambak kapanpun dan dimanapun mereka berada. 

Secara keseluruhan, aplikasi itu menawarkan fitur real-time data input yang memastikan pengguna di lapangan dapat langsung mengunggah data secara mudah melalui ponsel berbasis Android tanpa perlu mengunggah secara manual melalui file spreadsheet. Dengan mengusung visualisasi data yang sederhana dan informatif, aplikasi ini sangat diklaim user-friendly untuk melihat performa tambak.

CPO Delos Benyamin Indra Prawira mengatakan, AquaHero layaknya sebuah kompas yang dapat dijadikan acuan bagi semua petambak. Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam pencatatan data, monitoring data secara real-time, hingga memberikan estimasi Break Even Point (BEP) dan mengakomodasi data keuangan selama siklus berjalan kepada personel tambak.  

"Analisis dan rekomendasi yang diberikan AquaHero dapat diimplementasikan dalam bentuk tindakan nyata terhadap tambak sesuai dengan analisis yang dilakukan oleh Tim Sains DELOS.  Dengan begini, pemilik tambak mendapatkan update kondisi real-time teknis budidaya, operasional, dan keuangan tambak yang kredibel dan traceable," jelasnya.

Baca juga : Reiner Rahardja: Metaverse dan Blockchain akan Melahirkan Ekonomi Baru

AquaHero memiliki perluasan dua fitur sehingga memiliki lebih banyak keunggulan dan kegunaan. Pertama, fitur “Pemantauan Keuangan Tambak” yang menyediakan estimasi Break Even Point (BEP) selama siklus budidaya berjalan yang dihitung melalui data yang telah diunggah. Anda bisa mendapatkan gambaran dan data pendukung yang lebih akurat dalam pengambilan keputusan untuk budidaya dengan mempertimbangkan perspektif finansial. 

Kedua, “Fitur Rekomendasi” yang membantu farm manager dan farm technician untuk mendapatkan prediksi saintifik dan rekomendasi tindakan yang tepat untuk dilakukan, di antaranya mengenai panen, phytoplankton, carrying capacity, dan lain-lain. 

Benyamin menambahkan, cara kerja AquaHero sendiri sangat terstruktur, mulai dari cara memproses data yang bersumber dari farm manager dan farm technician.  

Data tersebut kemudian diproses melalui sistem AquaHero, yang selanjutnya akan ditelaah oleh tim expert Delos. Hasil akhir akan keluar berupa personalisasi dan rekomendasi untuk masing-masing kolam yang ada di tambak udang yang dituju. 

"Dengan menerapkan sistem modernisasi dalam tambak udang, maka risiko kerugian atau kegagalan panen dapat diantisipasi atau diminimalisir. Unggahan data yang akurat dan tepat waktu yang dikeluarkan Aquahero sangat mendukung pemantauan kolam. Dengan mengunggah data yang benar secara rutin juga akan menghasilkan proses pemantauan yang optimal," tuturnya.

Sebelumnya, fitur-fitur dalam AquaHero telah dilengkapi dengan fitur “Index Kualitas Air” berupa kemampuan untuk menginput dan mengolah data kualitas air harian setiap kolam yang telah dinilai dan diuji oleh Tim Sains Delos.  

Selain itu, ada fitur “Monitoring Kondisi dan Pertumbuhan Udang” untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan udang sebagai pertimbangan untuk pengambilan keputusan dalam pengelolaan tambak yang efektif dan efisien.  (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok ist

Platform Digital Harus Mencerdaskan Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 12:46 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong platform digital turut berperan dalam mencerdaskan...
Ist

Ini Daftar 10 Aplikasi Pelacak Lokasi

👤Meilani Teniwut 🕔Selasa 06 Desember 2022, 06:00 WIB
Penggunaan penunjuk lokasi juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa bisnis tertentu seperti e-commerce, ojek online, dan delivery...
DOK/PII

Insinyur Dituntut Mampu Beradaptasi dengan Digitalisasi dan Internet

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 05 Desember 2022, 22:15 WIB
Setiap insinyur  memerlukan banyak adaptasi dengan berbagai kondisi pekerjaan. Pada era industri 4.0 digitalisasi sangat dibutuhkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya