Rabu 23 Juni 2021, 12:55 WIB

Hindari Kejahatan Cyber Seluler, Telkomsel Gandeng JagaJaga

Mediaindonesia.com | Teknologi
Hindari Kejahatan Cyber Seluler, Telkomsel Gandeng JagaJaga

Dok.Telkomsel
Ilustrasi, seorang perempuan tengah menggunakan perangkat telepon seluler.

SEJALAN dengan perkembangan jaman, modus kejahatan kini memang semakin beragam dan canggih. Sasaran kejahatan mereka pun bisa siapa saja. Belakangan ini yang kerap menjadi korban adalah para pelanggan seluler.  

Praktik itu tentu bukan saja merugikan masyarakat pengguna seluler, melainkan juga operator seluler yang tercemar nama baiknya. Berangkat dari situ, salah satu operator di Tanah Air, Telkomsel berkolaborasi dengan mitra Zimperium, PT WOLU kini menyediakan aplikasi proteksi keamanan cyber seluler JagaJaga untuk para pelanggan mereka.

Diungkapkan CEO Zimperium, Shridhar Mittel, JagaJaga dirancang sebagai layanan aplikasi keamanan one-stop dan real-time (dengan kapasitas deteksi zero-day) yang tersedia untuk pengguna Android maupun iPhone.  Aplikasi ini sangat efektif untuk melindungi pengguna dari serangan berbahaya dan malware, phishing site, dan serangan peretas yang masuk melalui jaringan Wi-Fi.

Baca juga: Ancaman Cyber Crime di Tengah Wabah Covid-19

Di samping itu, JagaJaga juga menyediakan proteksi keamanan konten seperti penyimpanan file yang terenkripsi, brankas foto yang mencegah file dan foto pengguna dicuri oleh peretas. Hal itu merupakan aplikasi keamanan seluler pertama yang memiliki kemampuan yang sedemikian berguna.

"Sebagai contoh, bila sebuah serangan melalui Wi-Fi terdeteksi, aplikasi JagaJaga akan menyarankan agar pengguna memutus sambungan dengan jaringan yang tidak aman tersebut. JagaJaga juga menggunakan teknologi machine learning terdepan untuk mendeteksi adanya aktivitas abnormal pada aplikasi, dan menyarankan pengguna untuk mengambil tindakan sebelum perangkatnya dieksploitasi atau informasi dicuri," ujarnya.

Telkomsel sendiri sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia selalu berfokus untuk menyediakan akses yang aman dan nyaman kepada pelanggan terkait dengan keamanan cyber. Telkomsel pun mengimplementasikan berbagai inisiatif untuk memastikan koneksi yang aman bagi pelanggannya. Salah satu inisiatif tersebut adalah kolaborasi dengan JagaJaga untuk memberikan layanan keamanan seluler yang terjangkau.

Menurut Shridhar Mittel perangkat seluler adalah pintu masuk baru untuk kejahatan cyber dan pelanggan adalah sasaran yang rawan bagi serangan yang berbahaya. Dengan semakin banyak pelanggan yang menyimpan file penting dan foto pribadi pada perangkat seluler mereka, kebiasaan seperti tersambung pada jaringan Wi-Fi publik menjadi semakin berbahaya. Karena itu Telkomsel berkomitmen untuk memberi pelanggannya proteksi yang terbaik dalam menghadapi berbagai serangan seluler baik be rbasis perangkat seluler, jaringan maupun aplikasi, dan ditambah dengan layanan keamanan konten.

Seiring dengan tingginya penggunaan perangkat seluler untuk keperluan bisnis maupun pribadi ancaman cyber dan kasus kejahatan pada perangkat seluler meningkat secara signifikan.

“Telkomsel adalah operator seluler pertama di Indonesia yang merespon terhadap situasi ini dengan bermitra dengan kami untuk mengedukasi pengguna perangkat seluler tentang pentingnya proteksi perangkat seluler di era digital, aplikasi keamanan seluler ini akan meminimalkan berbagai risiko kebocoran data yang tidak perlu yang disebabkan oleh malware,” ujar direktur pengembangan bisnis JagaJaga, Napoleon Dadas.  (RO/A-1)

Baca Juga

Tangkapan layar raker Ikatan Auditor Teknologi Indonesia

Sistem Digitalisasi Saat Pandemi Jadi Tantangan Auditor Teknologi

👤Siswantini Suryandari 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 15:55 WIB
Pandemi telah mempercepat contactless system dalam sistem perindustrian dan perdagangan.Hal ini menjadi tantangan bagi auditor teknologi...
Dok. Helo

Aplikasi Ini Sediakan Fitur untuk Mengembangkan Potensi Diri di Masa Pandemi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 00:01 WIB
Di Helo, media sosial terintegrasi untuk hiburan dan informasi terkini, pengguna dapat menambahkan minat untuk menggali potensi...
Ist

Aplikasi Myfitsociety Hadirkan Rangkaian Fitur Kesehatan Mental

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 17:22 WIB
Laporan Global Risks Report 2021 yang diterbitkan World Economic Forum (WEF) menyatakan 80% anak muda di seluruh dunia tercatat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya