Kamis 21 Januari 2021, 23:55 WIB

Ini Perbedaan IP Cam dengan CCTV Analog

mediaindonesia.com | Teknologi
Ini Perbedaan IP Cam dengan CCTV Analog

Dok. Imou
IP Cam Imou yang memiliki field of view yang lebih luas ketimbang CCTV analog.

SAMA-sama berfungsi sebagai kamera pengawas, tidak banyak yang mengetahui banyak perbedaan antara Closed-Circuit Television (CCTV) dengan IP Camera (Internet Protocol Camera) atau smart cam atau wifi cam. CCTV yang mengandalkan sinyal analog dan IP Cam seperti Imou yang mengandalkan koneksi internet memiliki tingkat ketajaman, analisa video, hingga efisiensi yang berbeda.

Dari segi kualitas gambar, IP cam jauh berkualitas jika dibandingkan dengan CCTV analog biasa. Bahkan bisa dikatakan kualitas gambar terbaik CCTV pun masih kalah dengan kualitas IP cam yang paling rendah. Dari segi analisa video, tidak seperti CCTV yang hanya menyimpan hasil rekaman selama beberapa saat saja, IP cam mampu menyimpan hasil rekaman lebih lama sehingga proses analisa video lebih mudah dilakukan.

Kemudian dari sisi efisiensi, IP cam jauh lebih efisien dari CCTV analog. Banyak perangkat keras dan kabel jika memilih menggunakan CCTV analog. Belum lagi konfigurasi yang sulit antara DVR dan setiap kamera yang terhubung, sekaligus dengan monitornya. Berbeda dengan IP cam, yang hanya perlu disetel switch yang nantinya akan langsung ditransfer ke Network Video Recorder. Dengan begitu, IP cam menjadi lebih simpel dan ringkas.

Keunggulan yang dimiliki IP Cam ini membuatnya lebih cocok digunakan untuk mengawasi rumah, kantor, gudang atau tempat tempat lain secara smart. Apalagi dewasa ini banyak perumahan yang dibangun dengan konsep smart home yang terkoneksi dengan internet dan teknologi mutakhir.


Baca juga: Amazfit Memperkenalkan Jam Tangan Pintar GTR 2e dan GTS 2e


"Yang jelas IP cam Imou ini punya field of view lebih luas, zoom lebih besar, dan audio sudah full duplex, ini tidak akan ditemukan di CCTV. Jadi ini cocok untuk keluarga yang memilki rumah dan mau memasang kamera pengawas yang smart di rumah. Fleksibilitasnya antara lain bisa dikoneksi melalui berbagai device," kata Ms Siti Li, Regional Head of Imou South Pacific, dalam keterangannya, Jumat (21/1).

Selain itu, sistem Imou mudah diatur dan dihubungkan dengan smart home. Menyediakan keamanan sepanjang waktu, sistem Imou menawarkan keandalan dan fitur yang profesional. Mudah ditambahkan ke sistem keamanan yang sudah ada, sistem Imou merupakan pilihan yang cerdas. Ini bagaikan menambahkan penjaga keamanan 24 jam selama 7 hari.

Imou Cloud menggunakan enkripsi tingkat tinggi untuk melindungi privasi sang pemilik, yang mana tidak ada orang lain yang dapat mengakses data pribadi. Gunakan Echo Show atau Google Home untuk mengontrol kamera Imou yang mendukung wifi.

Imou sendiri, menurut Siti Li, memiliki ragam varian IP Cam berkualitas yang ditawarkan untuk berbagai keperluan, dan  memungkinkan setiap orang menjalankan hidup secara nyaman dan aman karena didukung oleh Dahua Technology merupakan produsen CCTV terbesar kedua di dunia, melalui proses research and development  yang kuat, teknologi mutakhir, dan inovasi yang berkelanjutan.

Beberapa produk IP Cam Imou yang paling banyak dicari dan sudah tersedia di pasar Indonesia, antara lain  Outdoor Monitoring seperti New Bullet dan Bullet 2C, atau  Indoor Monitoring seperti Cue 2,  Ranger 2 dan Ranger 2S.

Untuk bisa membedakan keunggulan IP cam jika dibandingkan dengan CCTV biasa, bisa dilihat dari kinerja IP Cam Imou tipe New Bullet dengan kualitas Full HD, 1080P, IP67 Waterproof serta fitur active deterrence yang sangat canggih yang tidak akan bisa diberikan CCTV biasa. (RO/S-2)

 

Baca Juga

Dok. Jakarta Camera

Era Digital, Kebutuhan terhadap Fotografi dan Videografi Meningkat

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 10:52 WIB
Michael menyebutkan, produk yang paling laku di market selain body kamera dan lensa adalah aksesoris fotografi dan...
Dok. Universal Robots

Otomatisasi Bantu Kurangi Kecelakaan Kerja di Industri Manufaktur

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 26 Februari 2021, 20:21 WIB
Hal itu berdasarkan data yang menunjukkan dalam 2 tahun terakhir,  dilaporkan telah terjadi kenaikan kecelakaan kerja yang...
Dok Screen Shoot Klikdokter

Model Tele-Health Ajak Pasien Lebih Efisien Berobat ke Dokter

👤Siswantini Suryandari 🕔Jumat 26 Februari 2021, 07:42 WIB
Bermula sebagai portal berita kesehatan yang artikelnya ditulis oleh dokter dan praktisi medis yang bercita-cita untuk memiliki media...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya