Rabu 07 Desember 2022, 08:15 WIB

Kemenangan Maroko Dirayakan Sebagai Kemenangan Arab

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Kemenangan Maroko Dirayakan Sebagai Kemenangan Arab

AFP/MAHMUD HAMS
Pendukung timnas Maroko merayakan keberhasilan tim pujaan mereka melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 di Souq Waqif, Doha.

 

RIBUAN pendukung Maroko, Rabu (7/12) dini hari WIB, berkumpul di jalan-jalan Kota Doha untuk merayakan keberhasilan negara mereka menjadi negara Arab pertama yang mencapai perempat final Piala Dunia.

Meski sempat terjadi kericuhan kecil di luar stadion, kemenangan Maroko atas Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2022 dipandang sebagai kemenangan Arab oleh para penggemar sepak bola di kawasan tersebut.

Anak-anak asuhan Walid Regragui menang 3-0 lewat adu penalti setelah laga antara Maroko dan Spanyol berakhir imbang tanpa gol hingga babak tambahan waktu berakhir.

Baca juga: Pelatih Maroko Akui Membiarkan Spanyol Menguasai Bola

Banyak orang memadati Souq Waqif, titik berkumpulnya penggemar sepak bola di Doha untuk merayakan kemenangan Maroko.

Para penggemar ini meniru selebrasi para pemain Maroko di dalam Stadion Education City dengan mengibarkan bendera Palestina, sebagai bentuk solidaritas atas perjuangan Palestina melawan penjahan Israel yang banyak dipertunjukkan selama Piala Dunia 2022 ini.

"Ini adalah Piala Dunia pertama di tanah Arab dan kami membawa bendera Arab di turnamen ini," ujar Yussuf Akram, yang mengibarkan bendera maroko dan Palestina di salah satu gang Souq Waqif.

Warga Arab Saudi, Qatar, dan Mesir ikut bergabung dalam perayaan itu. Mereka mengibarkan bendera negara masing-masing.

"Ini adalah kebanggaan slueuh Arab. Kami sangat bahagia untuk kemenangan Maroko," kata Aysha Bedawi, yang datang dari Kairo untuk menonton Piala Dunia 2022.

"Tidak peduli tim mana yang mencapai tahap ini, selama ada satu tim Arab, harapan masih ada," lanjutnya.

Tim asal Arab telah mencapai babak 16 besar di tiga Piala Dunia yaitu Maroko (1986), Arab Saudi (1994), dan Aljazair (2014).

Portugal, yang akan menjadi lawan Maroko di perempat final Piala Dunia 2022, tidak membuat para pendukung Maroko khawatir. Yel-yel, 'Bring on Ronaldo' bisa terdengar di berbagai penjuru Souq.

"Jika Maroko bisa mengalahkan Spanyol, yang pernah menjadi juara Piala Dunia, kami bisa mengatasi Cristiano Ronaldo," seru Mohamed Benyoub, warga Maroko, yang sudah lama tinggal di Qatar.

"Saya menangis saat laga berakhir. Saya tidak menyangka akan melihat hal seperti ini," imbuhnya. (AFP/OL-1)

Baca Juga

MI/Seno

Cinta Mati Kane kepada Spurs

👤Suryopratomo Pemerhati Sepak Bola 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 07:10 WIB
PENALTI bagi kesebelasan Inggris seperti sebuah kutukan. Perjalanan St George Cross ke puncak tertinggi selalu tersandung oleh...
AFP

Ten Hag Enggan Berkomentar Soal Masa Depan Greenwood

👤Widhoroso 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:57 WIB
PELATIH Manchester United, Erik ten Hag enggan memberikan komentar terhadap masa depan Mason...
AFP

Guardiola Ungkap Alasan Pinjamkan Cancelo Ke Bayern Muenchen

👤Widhoroso 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:56 WIB
PELATIH Manchester City, Pep Guardiola akhirnya mengungkap alasan dirinya melepas Joao Cancelo ke Bayern Muenchen dengan status...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya