Sabtu 26 November 2022, 14:58 WIB

Saatnya Jerman Fokus ke Pertandingan

Dhika Kusuma Winata | Sepak Bola
Saatnya Jerman Fokus ke Pertandingan

AFP/ INA FASSBENDER
Timnas Jerman berlatih

 

LAGA kedua Jerman di Grup E Piala Dunia 2022 menghadapi Spanyol yang akan berlangsung di Stadion Al Bayt, Senin (28/11) dini hari, bakal krusial menentukan langkah berikutnya. Skuad Die Mannschaft kini dalam tekanan tinggi dibayangi momok tereliminasi lebih awal jika kalah dari La Roja.

Situasi pelik dialami tim asuhan Hansi Flick lantaran gagal mengamankan poin kalah dari Jepang di laga pembuka. Oleh para pengamat, Jerman dikecam karena kehilangan fokus sisi sepak bola dan seolah lebih nyaring pada kampanye HAM.

Akibatnya, mereka kini menghadapi laga wajib menang demi menghindari eliminasi di babak penyisihan grup berturut-turut setelah mimpi buruk edisi 2018.

Spanyol menjadi tim yang belum pernah mereka kalahkan dalam pertandingan kompetitif sejak 1988. Pada semifinal Piala Dunia 2010, Jerman takluk, begitu juga ketika final Piala Eropa dua tahun sebelumnya.

Dua laga terakhir di ajang UEFA Nations League Jerman juga satu kali kalah dengan skor telak 0-6 dan satu kali imbang 1-1. Di sisi lain, Spanyol dalam motivasi besar setelah modal berharga mengalahkan Kosta Rika 7-0 pada pertandingan pembuka mereka.

"Semua orang tahu sudut pandang kami dan bagaimana kami berpikir. Sungguh, fokus kami 100% pada sepak bola, tidak ada yang lain. Kami hanya mengatakan apa yang kami pikirkan, apa sudut pandang kami, semua orang tahu itu, dan sekarang tentang memainkan sepak bola," kata striker Jerman Kai Havertz.

Setelah kekalahan dari Jepang, Hansi Flick mengumpulkan semua pemainnya. Ia menepis anggapan protes pemainnya terkait larangan kampanye ban kapten pelangi membuat skuadnya kehilangan fokus pada pertandingan.

"Kami tetap positif dan ingin melakukan pendekatan secara positif menghadapi Spanyol. Penting untuk bisa mengatasi kekalahan kemarin dan datang dengan pikiran baru, fokus untuk tantangan berikutnya," ujarnya.

Baca juga: Flick Bantah Aksi Protes Sebelum Pertandingan Ganggu Konsentrasi Jerman

Perubahan bakal dilakukan Flick berkaca dari laga pertama. Salah satu titik kelemahan ketika melawan Jepang ialah Niklas Suele yang berposisi asli bek tengah namun dimainkan di posisi bek kanan. Penampilan Joshua Kimmich di lini tengah juga menjadi sorotan.

Flick mengakui timnya juga tak cukup efisien meski melahirkan peluang-peluang bagus. Mantan pelatih Bayern Muenchen itu berpeluang menambah ketajaman dengan memasang Leroy Sane yang absen ketika melawan Jepang karena cedera lutut.

"Ketika Anda memiliki dua atau tiga peluang terbaik, Anda harus mampu menyelesaikannya. Tetapi kami kurang efisien," ucap Flick.

Di kubu Spanyol, pelatih Luis Enrique menegaskan Spanyol tidak akan terlena setelah kemenangan impresif atas Kosta Rika. Mantan pelatih Barcelona itu menjanjikan skuad La Roja akan menunjukkan rasa lapar yang sama menghadapi Jerman.

"Tim ini tidak akan santai. Jerman bisa mengalahkan kami karena mereka adalah tim kuat, tapi kami akan keluar dan bermain dengan cara yang sama. Pujian (kepada kami) melemah, tapi tim ini tidak akan santai," kata Enrique.(AFP/OL-5)

Baca Juga

AFP/Emmanuel DUNAND

PSG Cari Stadion Kandang Baru

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Februari 2023, 13:30 WIB
PSG telah bermain di Parc des Princes selama hampir 50 tahun namun Wali Kota Paris Anne Hidalgo, Januari lalu, menegaskan stadion itu tidak...
AFP/SASCHA SCHUERMANN

Dortmund Pilih Berhati-Hati Saat Mainkan Haller

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Februari 2023, 13:15 WIB
Haller, yang kembali bermain Januari lalu setelah menjalani terapi untuk kanker testis yang dialaminya selama enam bulan, mencetak gol...
AFP/Lindsey Parnaby

Ten Hag Tegaskan Waspadai Leeds

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Februari 2023, 09:45 WIB
"Ketika Jesse Marsch masih memimpin, pola permainan mereka jelas. Kini, ada kemungkina hal itu akan berubah. Kita akan lihat di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya