Senin 29 November 2021, 20:55 WIB

Juventus Terancam Sanksi Degradasi

Widhoroso | Sepak Bola
Juventus Terancam Sanksi Degradasi

AFP
Juventus

 

ASOSIASI perlindungan hak konsumen Italia (Codacons), mengklaim Juventus bisa didegradasi ke Serie B dan kehilangan gelar Serie A terakhirnya jika dinyatakan bersalah dalam kasus pemalsuan laporan keuangan dan manipulasi pertukaran pemain.

Hal itu diungkaokan Presiden Codacons Marco Donzelli terkait soal investigasi terhadap Juventus. Juventus dituduh melakukan pemalsuan laporan keuangan dan Donzelli membeberkan bahwa mereka bisa menerima sanksi berat.

"Tuduhan ini sangat serius dan menyoroti bobroknya liga Italia yang terakhir. Juga karena dominasi Juventus amat kental beberapa tahun terakhir ini, yang akhirnya terhenti tahun lalu," ujar Donzelli, dikutip dari Tuttomercatoweb

"Jika Juventus didakwa mendapatkan keuntungan atas klub-klub rivalnya secara ilegal dengan operasi seperti ini, maka keabsahan gelar Serie A terakhir mereka hangus. Sebagai konsekuensinya, pihak federasi dan otoritas kompetisi pasar harus mengintervensi dan menjatuhkan sanksi kepada mereka yang bersalah," imbuhnya.

Pihak berwenang di Italia saat melakukan penyelidikan terhadap Si Nyonya Tua. Selain pemalsuan laporan keuangan, Juventus juga diperiksa atas dugaan manipulasi pertukaran pemain.

Manipulasi yang dimaksud melibatkan pertukaran antara Miralem Pjanic dengan Arthur Melo dari Barcelona dengan keuntungan modal (capital gain) yang dikabarkan bernilai fantastis pada 2020. Pertukaran Pjanic-Arthuer ini memiliki signifikansi khusus dari sudut pandang laporan keuangan.

Meski tak melibatkan dana transfer, Juventus tetap mambayarkan selisih €12 juta kepada Barccelona (€72 untuk Arthur, €60 juta untuk Pjanic). Hal ini menghasilkan capital gain yang diwartakan sekitar €47 juta, dengan keuntungan bersih sebesar €41,8 juta setelah dikurangi biaya kontribusi solidaritas dan biaya tambahan.

"Oleh karena itu, dan demi melindungi ribuan fans, kami akan mengajukan komplain kepada lembaga Antitrust dan jaksa federal untuk mendegradasi Juventus ke Serie B dan mencabut gelar Serie A terakhir mereka yang dimenangkan di bawah bayang-bayang operasi yang berpotensi ilegal ini," tegas Donzelli. (Goal/OL-15)

 

Baca Juga

DOK PSSI

PSSI Jamin Posisi Shin Tae-yong, Muncul Opsi Perpanjangan Kontrak

👤Mediaindonesia 🕔Senin 17 Januari 2022, 13:15 WIB
Posisi pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong aman sesuai kontrak, yakni sampai tahun 2023, dan bahkan kontrak itu bisa saja...
AFP/FRED TANNEAU

Chelsea Jajaki Kemungkinan Pinjam Kurzawa dari PSG

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 17 Januari 2022, 12:45 WIB
Chelsea melihat peluang mendatangkan Kurzawa setelah pemain berusia 29 tahun itu tidak menjadi pilihan utama di PSG dan hanya bermain satu...
AFP/MIGUEL MEDINA

Gasperini Sebut Atalanta Seharusnya Menang Atas Inter Milan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 17 Januari 2022, 12:30 WIB
Gasperini mengatakan Atalanta sudah bermain baik pada pertandingan ini dan memaksa Inter tidak bisa bermain seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya