Minggu 14 November 2021, 12:30 WIB

LIB akan Uji Coba Kehadiran Penoton di Laga Liga 1 di Stadion Manahan

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
LIB akan Uji Coba Kehadiran Penoton di Laga Liga 1 di Stadion Manahan

ANTARA/Mohammad Ayudha
Ofisial Arema FC memasang foto wajah Aremania di tribun penonton saat pertandingan Liga 1 melawan Persebaya di Stadion Manahan, Solo.

 

DIREKTUR Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan pihaknya berencana menguji coba kehadiran penonton di laga Liga 1 2021-2022 di Stadion Manahan, Solo, Desember 2021 mendatang.

"Kalau memang diterapkan pada Seri Ketiga, maka yang digunakan adalah Stadion Manahan karena itu satu-satunya stadion di kawasan itu yang menggunakan penomoran kursi," ujar Akhmad Hadian kepada pewarta di Jakarta, Sabtu (13/11).

Saat ini, pria asal Jawa Barat itu melanjutkan, LIB terus mempersiapkan segala sesuatu terkait uji coba tersebut, salah satunya soal sistem informasi.

Baca juga: Ketum PSSI Sebut Ada Tiga Stadion untuk Uji Coba Kehadiran Penonton

Selain itu, dikaji pula soal risiko-risiko terkait pertandingan apa yang dipilih untuk dapat dihadiri penonton.

Setelah semua rampung, barulah hal tersebut dipresentasikan di hadapan pemerintah yang menjadi penentu akhir apakah uji coba penonton di stadion tersebut dapat berjalan atau tidak.  

"Kami akan rakor (rapat koordinasi) dengan pihak-pihak terkait," kata Akhmad Hadian.

Nantinya, penonton yang berada di stadion pada masa uji coba adalah para undangan yang jumlahnya sekitar 100-200 orang.

Mereka terdiri dari berbagai elemen seperti pemerintah, sponsor, perwakilan Asosiasi Provinsi/Kabupaten/Kota PSSI dan, tentunya, suporter.

"Para undangan itu bukan sekadar menyaksikan pertandingan tetapi juga menyosialisasikan soal alur tiket, tempat duduk dan skenario lain. Jadi, kami ingin mereka menjadi agen dalam kampanye kami soal ini," tutur Akhmad Hadian.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah mengizinkan keberadaan penonton di stadion melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 57 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali yang diterbitkan pada 1 November 2021.

Di dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri itu, pemerintah mengizinkan laga Liga 1 disaksikan penonton di stadion dengan jumlah 25% dari kapasitas maksimal atau paling banyak lima ribu orang.    

Pemerintah mewajibkan semua penonton berstatus hijau di aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki arena pertandingan. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP

Atalanta Jauhi Juventus Meski Seri 0-0 Lawan Lazio

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 06:45 WIB
KENDATI hanya bisa seri 0-0 melawan Lazio dalam pertandingan Serie A Italia, Minggu dini hari tadi (23/1), Atalanta sedikit menjauhi...
AFP

Witan dan Egy Bawa FK Senica Raih Kemenangan

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:45 WIB
PENAMPILAN bagus diperlihatkan duo timnas Indonesia yakni Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman di FK...
AFP

Guardiola: Saya tidak akan Berkhianat Terhadap Manchester City

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 21:40 WIB
PELATIH Manchester City Pep Guardiola menyatakan dirinya tidak akan pernah mengkhianati klub ketika ditanya tentang masa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya