Sabtu 03 Juli 2021, 06:13 WIB

Simon Puji Performa Kiper Swiss

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Simon Puji Performa Kiper Swiss

AFP/Dmitri Lovetsky
Kiper timnas Swiss Yann Sommer

 

PENJAGA gawang Spanyol Unai Simon, yang dinobatkan sebagai Star of the Match setelah menggagalkan dua penalti saat menang adu penalti 3-1 melawan Swiss di perempat final Piala Eropa 2020, memuji penampilan penjaga gawang Swiss Yann Sommer.

"Saya akan memberikan gelar MVP kepada Sommer," kata Simon seperti dikutip harian Spanyol Marca setelah Spanyol mengamankan tiket semifinal Piala Eropa untuk melawan Italia di Wembley, Selasa (6/7).

"Sepak bola itu adil, kami layak menjadi pemenang. Kami harus segera memperbaiki kesalahan dan juga tetap membumi karena akan datang lawan yang sangat sulit, siapa pun itu," tambah dia.

Baca juga: Meski Swiss Tersingkir di Piala Eropa, Shaqiri Tetap Bangga

"Di semifinal, Anda harus memiliki mentalitas bahwa setiap pertandingan itu baru. Menjuarai Piala Eropa seharusnya menjadi satu-satunya hal yang ada dalam pikiran kami saat ini," lanjutnya.

Simon juga menjelaskan selebrasi pascapertandingannya bersama manajer Luis Enrique.

"Saya jarang melakukan selebrasi, tetapi itulah yang diperintahkan tubuh saya agar melakukannya. Itu momen euforia," ungkapnya.

Spanyol memenangi adu penalti setelah pertandingan berakhir 1-1 dalam waktu normal dan perpanjangan waktu.

Simon menggagalkan penalti Fabian Schar dan Manuel Akanji, sementara tendangan Ruben Vargas dari Swiss melambung di atas mistar gawang.

Sommer melakukan beberapa penyelamatan gemilang saat mengantarkan 10 pemain Swiss setelah gelandang Remo Freuler diusir dari lapangan karena melakukan pelanggaran keras pada menit ke-77, bertahan sampai adu penalti.

Spanyol memimpin pada menit kedelapan ketika tendangan Jordi Alba dibelokkan Daniel Zakaria untuk menjadi gol bunuh diri namun Swiss
menyamakan kedudukan pada menit ke-68 lewat Xherdan Shaqiri.

"Saya memiliki kilas balik manakala kami kebobolan karena itu sama dengan saat kami kebobolan di sini melawan Swedia tiga tahun silam,"
kata Sommer kepada situs resmi UEFA.

"Namun, saya bangga sekali kepada tim, apa yang telah kami capai di sini dengan seluruh negara berada di belakang kami," lanjutnya.

Mantan kiper Spanyol Iker Casillas mencicit, "Simon yang luar biasa" dan mantan bek Gaizka Mendieta juga memuji sang kiper.

"Beberapa penyelamatan gawang hebat oleh Unai Simon terjadi di sana dan kali ini Spanyol sedikit agak beruntung daripada Swiss," kata
Mendieta.

"Itu adu penalti yang amat menegangkan tetapi kami sudah di semifinal dan itu yang paling penting. Saya senang sekali," tutup dia. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/Patrick FORT

Infantino Bela rencana Gelar Piala Dunia Setipa Dua Tahun Sekali

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 09:45 WIB
Proyek Piala Dunia setiap dua tahun sekali mendapatkan kritik tajam dari sejumlah federasi sepak bola kontinental, seperti UEFA dan...
AFP/Ben STANSALL

Hadapi Rangkaian Laga Melawan Klub Semenjana, Chelsea Diminta tidak Takabur

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 07:30 WIB
The Blues memiliki peluang emas memantapkan posisi mereka di puncak klasemen Liga Primer Inggris dalam lima laga ke...
AFP/Oli SCARF

Solskjaer Tegaskan Tolak Ditekan untuk Mainkan Ronaldo

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 06:45 WIB
Solskjaer memancing kontroversi ketika dia menempatkan Ronaldo di bangku cadangan saat Manchester United bermain imbang 1-1 dengan Everton...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya