Selasa 29 Juni 2021, 20:33 WIB

Pembuktian Alvaro Morata

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Pembuktian Alvaro Morata

Jonathan NACKSTRAND / POOL / AFP
Alvaro Morata

 

PENYERANG Spanyol Alvaro Morata menjawab kritik dengan aksi di lapangan sebagai penentu kemenangan La Furia Roja atas Kroasia di babak 16 besar, Senin (28/6) malam WIB. Ia mencetak gol untuk memastikan timnya lolos ke babak perempat final Euro 2020.

Morata selalu diandalkan Luis Enrique di lini serang Spanyol sejak laga pertama fase grup. Namun, penyerang Juventus itu belum bisa menjawab kepercayaan itu dengan gol-gol. Morata tampil buruk saat menghadapi Swedia, sebelum mencetak gol ke gawang Polandia di laga kedua.

Morata bahkan sempat membuang kesempatan emas saat penaltinya gagal ke gawang Slovakia, meski akhirnya Spanyol menang 5-0. Performa buruk itu membuat dirinya mendapat kritikan dari suporter. Istri dan anak-anak Morata bahkan dilecehkan dan diancam oleh para pendukung di Sevilla.

Kritikan serta pelecehan terhadap keluarga dijawab saat ia menjadi penentu kemenangan melawan Kroasia.

Ketika Kroasia membalikan kedudukan menjadi 3-3 dalam waktu normal hari ini, Morata membayar kepercayaan pelatihnya pada babak perpanjangan waktu.

Mantan pemain Real Madrid itu mengontrol umpan silang Dani Olmo dengan kaki kanannya sebelum menendang bola dengan kaki kirinya ke bagian atas gawang guna membawa Spanyol unggul 4-3 pada menit ke-100. Spanyol menang 5-3 lewat gol kelima yang dibuat Mikel Oryazabal.

Baca juga: Prancis Tersingkir dari Piala Eropa, Lloris Mengaku Terpukul

"Memang betul saya tidak senang harus menjalani momen seperti ini, tapi sebagian besar rakyat Spanyol mendukung saya," kata Morata.

"Gol ini untuk istri, anak, dan semua yang mendukung saya. Anda harus menderita dulu sebelum mendapatkan momen seperti ini," lanjutnya.

Pelatih Luis Enrique mengaku sangat bangga sekaligus puas atas penampilan Morata. Menurutnya apa yang dilakukan Morata di laga melawan Kroasia membuktikan betapa pentingnya sosok striker Juventus tersebut.

"Tidak ada pelatih tim nasional di mana pun di dunia ini yang tidak menghargai Morata dan apa yang dia lakukan untuk tim. Dia adalah striker yang dominan di udara, dia kuat dan yang terpenting dia mencetak gol untuk kami. Saya rasa, kami benar-benar perlu menghargainya karena memiliki striker seperti dia,” kata Enrique.

Luis Enrique sebenarnya mempunyai cukup alasan memberikan posisi penyerang utama kepada Morata. Performa sang pemain sepanjang musim 2020-2021 bersama Juventus cukup produktif.

Morata tampil dalam 44 pertandingan di berbagai ajang untuk Juventus sepanjang musim 2020-2021, erta mencetak 20 gol.

Sementara, gol Morata yang tercipta pada menit ke-99 pertandingan melawan Kroasia itu merupakan torehan keduanya sepanjang Piala Eropa 2020.

Total gol yang dicetak Morata selama kejuaraan Eropa itu menjadi lima. Tiga gol lainnya dicetak pada Piala Eropa 2016. Raihan itu membawa pemain berusia 28 tahun itu menyamai catatan Torres dan unggul satu gol atas legenda Barcelona David Villa. (Footballespana/Goal/OL-4)

Baca Juga

AFP

Tim Promosi Cambuur Babak Belur Dihajar Ajax Tanpa Balas

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 19 September 2021, 06:46 WIB
AJAX membuat tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden, babak belur dengan sembilan gol tanpa...
Twitter Watford

Dua Gol Sarr Benamkan Norwich ke Dasar Klasmen

👤Ant 🕔Minggu 19 September 2021, 01:18 WIB
Watford sementara naik menduduki peringkat ke-10 klasemen dengan raihan enam...
Twitter Arsenal

Odegaard Antar Arsenal Raih Kemenangan Beruntun

👤Ant 🕔Minggu 19 September 2021, 00:16 WIB
Arsenal yang dua pekan lalu berada di dasar klasemen kini merangsek naik ke urutan ke-12 dengan koleksi enam...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya