Kamis 24 Juni 2021, 01:34 WIB

Swedia Juarai Grup E Lewat Gol Dramatis Claesson Atasi Polandia

mediaindonesa.com | Sepak Bola
Swedia Juarai Grup E Lewat Gol Dramatis Claesson Atasi Polandia

AFP
Gelandang Swedia Viktor Claesson (kanan) merayakan setelah mencetak gol ke gawang Polandia

 

GOL dramatis yang dicetak Viktor Claesson mengantarkan tim nasional Swedia mengatasi Polandia dengan skor 3-2 dalam rangkaian laga pemungkas Grup E Euro 2020 di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Hasil itu sekaligus membuat Swedia --yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar sebelum menghadapi Polandia-- berakhir menjuarai Grup E dengan raihan tujuh poin, unggul dua poin atas Spanyol yang menang telak 5-0 atas Slovakia di laga lain 

Swedia nyaris membuang sia-sia keunggulan dua gol yang diraih berkat dwigol Emil Forsberg dan Polandia menyamakannya melalui dwigol Robert Lewandowski, enam menit jelang bubaran normal.

Beruntung Claesson mencetak gol dramatis pada  injury time untuk mengunci kemenangan Swedia, demikian catatan laman resmi UEFA.

Pertandingan baru berlangsung 82 detik ketika Forsberg berhasil membawa Swedia memimpin lewat gol cepatnya memanfaatkan kerapuhan lini belakangPolandia.

Umpan silang hasil situasi lemparan ke dalam gagal diantisipasi para pemain Polandia, termasuk upaya sapuan Kamil Glik yang gagal menemui bola sehingga Forsberg kemudian menyambar si kulit bundar demi menguburkannya ke area tiang jauh.

Polandia berusaha keras untuk membalas dan beroleh kesempatan bagus dalam situasi sepak pojok pada menit ke-17, tetapi dua kali sundulan Lewandowski membentur mistar gawang sebelum bola disapu oleh barisan pertahanan Swedia.

Keunggulan mampu dipertahankan oleh Swedia hingga turun minum dan babak kedua diawali dengan aksi-aksi penyelamatan kiper kedua tim

Baca juga : Spanyol Menuju Babak 16 Besar Setelah Cukur Slovakia 5-0

Robin Olsen lebih dulu mengamankan gawang Swedia dari tembakan jarak jauh Piotr Zielinski, disusul Wojciech Szczesny mementahkan sepakan datar Forsberg, sebelum Olsen kembali melakukan penyelamatan untuk menepis tembakan melengkung Grzegorz Krychowiak.

Sayangnya, Szczesny kemudian tak berkutik saat Forsberg melepaskan tembakan dari tepian kotak penalti menyelesaikan umpan sodoran Dejan Kulusevski demi menggandakan keunggulan Swedia pada menit ke-59.

Polandia segera membalas dua menit berselang melalui situasi serangan balik yang diakhiri dengan gemilang oleh Lewandowski demi memperkecil ketertinggalan 1-2. 

Gol itu rupanya melecut semangat para pemain Polandia dan kerja keras mereka membuahkan hasil ketika Lewandowski mencetak gol keduanya pada menit ke-84 untuk membuat kedudukan imbang 2-2.

Polandia mengurung para pemain Swedia di areanya sendiri dan semenit jelang bubaran normal, Lewandowski nyaris membawa negaranya berpeluang lolos ke 16 besar, sayang tembakan melengkungnya bisa ditepis oleh Olsen.

Alih-alih yang terjadi justru Swedia berhasil keluar dari tekanan dan Kulusevski mengirimkan umpan terobosan yang bisa dikendalikan Claesson melewati beberapa pemain lawan sebelum memperdaya Szczesny untuk mengunci kemenangan Swedia 3-2 pada menit keempat injury time.

Sebagai juara Grup E, di babak 16 besar Swedia akan menghadapi Republik Ceko yang lolos sebagai peringkat ketiga terbaik Grup D di Glasgows, Selasa (29/6) pekan depan. (Ant/OL-2)

 

 

Baca Juga

AFP/THILO SCHMUELGEN

Aston Villa Datangkan Bailey dari Bayer Leverkusen

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 08:15 WIB
Pemain sayap itu tampil produktif selama 2020-2021 dengan mencetak sembilan gol dan membuat sembilan...
AFP/Pieter Stam de Jonge

Dick Advocaat Tukangi Timnas Irak

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 08:00 WIB
Advocaat pernah melatih timnas Belanda, Uni Emirat Arab, Belgia, Rusia, dan...
AFP/Tiziana FABI

Juventus Optimistis Segera Datangkan Manuel Locatelli

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 07:30 WIB
Locatelli, 23, menjadi pusat perhatian ketika menjadi pengganti Marco Verratti yang cedera saat Italia menjuarai Piala Eropa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya