Rabu 07 April 2021, 12:32 WIB

Pemkot Rio Batal Ubah Nama Stadion Maracana Jadi Stadion Pele

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Pemkot Rio Batal Ubah Nama Stadion Maracana Jadi Stadion Pele

AFP/MAURO PIMENTEL
Stadion kenamaan Brasil Maracana

 

DPRD Rio de Janeiro, Selasa (6/4), membatalkan rencana mengubah nama Stadion Maracana menjadi Stadion Pele setelah usulan itu menuai kontroversi.

Dalam langkah yang tidak biasa, Ketua DPR Rio Andre Ceciliano, yang mensponsori RUU itu, meminta penjabat Gubernur Rio Claudio Castro untuk memveto usulan itu ketimbang menyetujuinya.

Setelah DPRD Rio, pada 9 Maret, sepakat mengubat nama Stadion Maracana menjadi Stadion Edson Arantes do Nascimento-Rei Pele sebagai penghormatan untuk pemain yang mengantarkan Brasil tiga kali menjadi juara Piala Dunia, warga mempertanyakan mengapa DPRD Rio memilih mengurusi masalah remeh temeh itu saat Brasil dilanda krisis covid-19.

Baca juga: Italia Izinkan Pendukung Tonton Langsung Piala Eropa 2020

"Tujuan saya adalah memberikan penghormatan bagi raja sepak bola, pemain terbaik sepanjang sejarah. Namun, Maracana akan tetap disebut Maracana," ujar Ceciliano.

Selain kritik terkait pandemi covid-19, perubahan nama itu juga ditentang oleh keluarga Mario Filho yang namanya, saat ini, dijadikan nama resmi Stadion Maracana. Filho adalah wartawan yang disebut berjasa menjadikan sepak bola bak agama di Brasil.

RUU yang diajukan Ceciliano menyatakan nama Filho akan diabadikan sebagai nama kompleks di sekeliling stadion yang mencakup pusat kebugaran dan arena atletik. Namun, keluarga Filho menolak usulan itu.

Stadion Maracana, nama tidak resmi stadion itu diambil dari nama perumahan di sekitar stadion itu. Stadion itu merupakan lokasi sejumlah laga bersejarah termasuk final Piala Dunia 1950 dan 2014 serta pembukaan dan penutupan Olimpiade 2016.

Stadion itu juga merupakan kandang bagi klub sepak bola di Rio de Janeiro, Fluminense dan juara bertahan Flamengo.

Namun, stadion berkapasitas 78 ribu tempat duduk itu juga mencatatkan trauma bagi warga Brasil. Brasil kalah 1-2 dari Uruguay di final Piala Dunia 1950 di Maracana yang disebut tragedi Maracanaco. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Laurence Griffiths / POOL / AFP

Lacazette Bantu Arsenal Gulung Sheffield United 3-0

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 06:30 WIB
Alexandre Lacazette membantu Arsenal menggulung tuan rumah Sheffield United 3-0 dalam laga pekan ke-31 Liga...
 MATTHEW CHILDS / POOL / AFP

MU Jaga Rekor Tandang Setelah Pecundangi Tottenham

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 06:20 WIB
Manchester United menjaga rekor laga tandang sempurna dalam Liga Inggris musim ini, tidak pernah kalah daam 16 kali pertandingan...
cultofcalcio.com

Antonio Conte: Inter Milan Mulai Terbiasa Hadapi Tekanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 05:30 WIB
Antonio Conte mengatakan Inter Milan mulai terbiasa menghadapi tekanan yang datang lantaran memimpin perburuan gelar scudetto Liga Italia...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya