Selasa 23 Maret 2021, 06:40 WIB

Pemain Skotlandia Pilih Berdiri untuk Lawan Rasisme

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Pemain Skotlandia Pilih Berdiri untuk Lawan Rasisme

AFP/JACK GUEZ
Para pemain timnas Skotlandia

 

PARA pemain Skotlandia akan berdiri sebagai simbol perlawanan terhadap rasisme ketimbang berlutut dalam laga kualifikasi Piala Dunia melawan Austria.

Sejumlah klub Liga Skotlandia, termasuk Rangers dan rival sekota mereka Celtic, memutuskan untuk tidak berlutut sebelum laga mereka, akhir pekan lalu.

Para pemain Rangers, Celtic, Dundee United, dan Motherwell memutuskan berdiri sebelum kickoff setelah menilai hal itu merupakan langkah yang lebih tepat untuk menuntut perubahan.

Baca juga: Kembali ke Timnas Swedia, Ibrahimovic Diliputi Emosi

Timnas Skotlandia akan melakukan hal yang serupa saat mereka mengawali petualangan di kualifikasi Piala Dunia di Hampden Park, Kamis (25/3) mendatang.

Para pemain Celtic dan Rangers memilih berdiri sebagai solidaritas kepada Glen Kamara setelah gelandang Rangers itu melaporkan dirinya menjadi korban aksi rasisme dalam laga Liga Europa.

UEFA tengah menyelidiki masalah itu setelah pemain Slavia Praha Ondrej Kudela membantah tudingan Kamara tersebut.

Penyerang Crystal Palace Wilfried Zaha menjadi pemain Liga Primer Inggris pertama yang memilih berdiri ketimbang berlutut.

Aksi berlutut dimulai pada tahun lalu oleh para pemain sepak bola sebagai bentuk dukungan mereka pada gerakan Black Lives Matter selepas kematian George Floyd di tangan polisi Amerika Serikat (AS).

"Saya rasa kejadian saat ini dan di masa lalu mengingatkan kita untuk terus mengubah pandangan orang dan mengingatkan mereka," ujar manajer timnas Skotlandia Steve Clarke, Senin (22/3).

"Berlutut, ketika pertama kali dilakukan, merupakan simbol yang sangat kuat. Namun, saat ini, sepertinya hal itu menjadi hal biasa."

"Hingga kini masih terjadi kasus rasisme dan hal itu tidak bisa diterima. Mungkin, dengan berdiri, bukan berlutut, kami akan menyadarkan semua orang," lanjutnya. (AFP/OL-1)

 

Baca Juga

AFP

MU Dekati Striker Subur Leipzig

👤Ant 🕔Jumat 27 Mei 2022, 23:22 WIB
Striker asal Prancis tersebut mendapat rekomendasi dari eks pelatih sementara MU Ralf...
Ilustrasi

Semen Padang Datangkan Silvio Escobar

👤Yose Hendra 🕔Jumat 27 Mei 2022, 21:48 WIB
STRIKER naturalisasi asal Paraguay, Silvio Escobar Benitez resmi menjadi rekrutan anyar ke-12 tim Semen Padang FC untuk menghadapi Liga 2...
Instagram @raffinagita1717

Pamer Jersey Lecce, Raffi Ahmad Jadi Pemilik Klub Italia Tersebut?

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Mei 2022, 21:24 WIB
BOS RANS Cilegon FC, Raffi Ahmad pamer jersey klub Italia, Lecce yang memakai namanya dengan nomor punggung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya