Rabu 10 Juni 2020, 19:29 WIB

PT LIB Siap Lanjutkan Kompetisi Liga 1 dan 2

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
PT LIB Siap Lanjutkan Kompetisi Liga 1 dan 2

Antara/M Agung Rajasa
Suasana pertandingan Liga 1 antara Persib dan PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat.

 

PT Liga Indonesia Baru (LIB) siap melanjutkan kompetisi yang tertunda sejak Maret akibat pandemi covid-19.

Hal itu diungkapkan Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Sebelumnya, dia mendengar paparan dari PT LIB terkait jadwal dan protokol kesehatan untuk Liga 1 dan 2.

“PT LIB menyatakan kesiapan untuk kembali melanjutkan kompetisi. Poin-poin tentang jadwal kompetisi, protokol kesehatan, juga telah dibuat,“ kata Yunus dalam keterangan resmi, Rabu (10/6).

Baca juga: Minta Kejelasan Kompetisi, Klub Desak PT LIB Gelar RUPS

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, mengatakan pihaknya telah melakukan kajian teknis terkait opsi kelanjutan kompetisi. Itu dengan mempertimbangkan perkembangan kasus covid-19 di Tanah Air.

Dia juga meminta masukan saran dari klub. Selain itu, pihaknya berencana menggelar pertemuan dengan pelatih dan manajer. Serta, mengadakan workshop untuk klub jelang kompetisi.

Lebih lanjut, Sudjarno mengungkapkan ada perubahan regulasi jika kompetisi bergulir. Salah satunya adalah kewajiban menampilkan pemain U-20. “Berbagai langkah untuk persiapan menuju lanjutan kompetisi Liga 1 dan 2 telah kami buat dan paparkan kepada Ketua Umum PSSI,” jelas Sudjarno.

“Seperti, adanya penyesuaian perubahan regulasi. Serta beberapa home base klub jika sentralisasi di Pulau Jawa. Tentu, kami akan melaksanakan kompetisi dengan protokol kesehatan ketat,” imbuhnya.

Baca juga: Ulang Tahun, Bepe Harap Keadaan Segera Membaik

Jadwal juga telah diatur agar tidak bertabrakan dengan agenda tim nasional. Kemudian, untuk Liga 2 diatur skema dari penyisihan hingga babak final. “Kami juga memaparkan timeline kompetisi. Seperti kapan dimulainya dan kapan pekan terakhirnya dengan ada jeda pertandingan,” jelas Sudjarno.

Mengenai jadwal pelatihan klub dan tahapan lainnya, dia mengatakan hal itu kembali kepada kebijakan klub. Tepatnya, setelah ada pengumuman resmi dari PSSI. Jika mengacu Bundesliga dan liga top Eropa lain, ada tahapan bagi klub untuk kembali berlatih. Mulai dari individu,  kelompok kecil, berlatih secara tim dan berlatih dengan kontak.(PSSI/OL-11)

 

Baca Juga

Adrian DENNIS / AFP

Norwich Keluar dari Zona Degradasi Usai Taklukan Watford

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 09:01 WIB
Watford turun ke posisi tiga terbawah saat pertandingan kesembilan berturut-turut tanpa kemenangan menambah tekanan pada manajer Claudio...
MI/Seno

West Ham, Palu yang Mematikan

👤Suryopratomo Pemerhati Sepak Bola 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 07:05 WIB
BUKAN karena sama-sama orang Skotlandia ketika Sir Alex Ferguson menominasikan David Moyes menjadi pengganti dirinya di Manchester United...
ANTARA FOTO/HO/AFC

Menang 18-0, Australia: Kami Hormati Indonesia

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 06:40 WIB
Salah satu tujuan menurunkan skuad terbaik kontra Indonesia pada laga Grup B Piala Asia 2022, Jumat (21/1), adalah untuk menghormati...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya