Rabu 13 April 2022, 09:45 WIB

Fatayat NU Jatisaba Berbagi Takjil Pengendara yang Melintas

Tosiani | Ramadan
Fatayat NU Jatisaba Berbagi Takjil Pengendara yang Melintas

MI/Tosiani
Fatayat NU Desa Jatisaba dibantu banser membagikan takjil bagi pengendara yang melintas di desanyam Selasa (13/4/2022)

 

TEPAT pukul 16.00 Wib, Selasa (12/4), puluhan orang perempuan berkumpul di tepi Jalan Provinsi, ruas Desa Jatisaba, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jalan tersebut menghubungkan Kabupaten Banyumas dengan Kabupaten Tegal dan Cilacap.

Tiap orang menenteng beberapa botol minuman capucino cincau. Dengan dibantu sejumlah anggota banser, puluhan ibu yang merupakan anggota Fatayat NU Desa Jatisaba itu membagikan takjil yang dibawanya pada para pengguna jalan.

Selain membantu membagi takjil, para anggota banser juga mengatur kendaraan yang lewat dan menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan tersebut

Mereka yang menghentikan kendaraan kebanyakan mau menerima pemberian takjil tersebut untuk berpuasa. Namun tak sedikit pula pengguna jalan yang sedang terburu-buru sehingga menolak dengan halus pembagian takjil dan memilih meneruskan perjalanannya. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit, ratusan takjil yang dibawa mereka ludes dibagikan pada pengguna jalan.

"Tadi kami membawa 225 botol capucino cincau dan semuanya habis dibagi pada pengguna jalan dalam waktu 30 menit, yakni dari pukul 16.00 sampai 16.30 wib,"tutur Koordinator Kegiatan Pembagian Takjil, Mudiati, 40.

Mudiati menjelaskan, ide pembagian takjil secara gratis dirintis Fatayat Desa Jatisaba pada pergantian kepengurusan baru sekitar bulan lalu. Selain sebagai sarana untuk berbagi pada orang lain di Bulan Ramadhan, ini juga merupakan program pertama bagi Fatayat pada kepengurusan baru.

"Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan untuk meramaikan Bulan Ramadhan tahun ini. Sasarannya para pengguna jalan depan Balai Desa Jatisaba,"kata Mudiati.

Dijelaskan, pada kegiatan ini, Fatayat Desa Jatisaba dibagi dalam delapan kelompok berdasarkan lingkungan RW tempat tinggal masing-masing. Tiap kelompok terdiri dari 250 hingga 300 an orang perempuan berusia antara 20 hingga 45 tahun.

Pelaksanaan kegiatan pembagian takjil sendiri dilakukan tiap Hari Selasa dan Jumat Sore selama Bulan Ramadhan. Dengan demikian, tiap kelompok mendapat giliran satu kali membuat dan membagikan takjil. Adapun modal pembuatan takjil diambilkan dari uang kas kelompok dengan besaran rata-rata antara Rp300 ribu hingga Rp400 ribu.

"Untuk kelompok kami membuat 225 botol capucino cincau dengan biaya sebesar Rp422 ribu. Semuanya kami bikin sendiri,"kata Mudiati.

Sejauh ini, katanya, animo pengguna jalan untuk menerima takjil gratis terbilang bagus. Bahkan masih ada yang meminta takjil namun tidak kebagian karena semua takjil yang disiapkan sudah habis.

Wahyu,43, salah seorang pengguna jalan mengaku amat senang mendapatkan takjil. Karena perjalanan yang ia tempuh menuju Cilacap masih jauh, ia bisa memanfaatkan takjil yang diterima untuk membatalkan puasa ketika saatnya berbuka tiba sewaktu ia masih di tengah perjalanan.

"Saya sangat berterima kasih ada takjil, bisa untuk buka puasa dulu saat masih di perjalanan," katanya. (OL-13)

Baca Juga:  Baznas DIY Distribusikan Paker Logistik Keluarga

Baca Juga

Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...
Dok. Mahasiswa Diaspora di Saint Petersburg

Lebaran Penuh Kegembiraan di Saint Petersburg

👤 Naila Maziya Labiba ! Mahasiswi Program Master di Saint Petersburg State Technological Institute (Technical University) 🕔Jumat 06 Mei 2022, 14:25 WIB
Acara silaturahim yang bertemakan Pulang Kampoeng ke Rumah Nenek dibuka dengan sambutan Ketua persatuan mahasiswa Indonesia di Saint...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Kamis, 19 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN