Selasa 05 April 2022, 13:10 WIB

Resep Puasa Tetap Produktif dari Ahli Gizi UGM Aviria Ermamilia

Ardi T Hardi | Ramadan
Resep Puasa Tetap Produktif dari Ahli Gizi UGM Aviria Ermamilia

dok.Ant
Ilustrasi

 

PUASA tidak boleh menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Kita pun tetap bisa produktif selama puasa dengan menjaga asupan gizi yang mencukupi, baik saat sahur maupun buka puasa.

Ahli Gizi UGM, Aviria Ermamilia, S.Gz., M.Gizi.,RD., menyebut, orang yang berpuasa dapat tetap berenergi selama puasa dengan pola makan yang tepat. "Pertama, upayakan makan sahur mendekati waktu imsak," saran Aviria, Selasa (5/4)

Kedua, makanan yang dikonsumsi haruslah makanan dengan gizi seimbang, misalnya ada kandungan karbohidrat dan protein, dan vitamin, dan kandungan gizi lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dosen Departemen Gizi dan Kesehatan FKKMK UGM ini pun menyarankan, saat makan sahur, kita sebisa mungkin memilih makanan yang lambat dicerna. Misalnya, makanan berkarbohidrat yang lambat dicerna adalah yang memiliki karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, dan oat.

"Karbohidrat kompleks memerlukan waktu yang lama untuk dipahami sehingga membantu menjaga rasa puas lebih lama saat istirahat," terangnya.

Ia pun mengatakan, jangan lupa tetap mengonsumsi protein, seperti kacang-kacangan, daging, dan ikan. Makanan kaya serat yang terkandung dalam sayur dan buah juga sangat penting.

Makanan berserat, jelas Aviria, memiliki manfaat yang baik bagi tubuh terutama untuk kebugaran karena menahan udara dan memberikan rasa kenyang.

Ia juga mengingatkan, saat sahur dan berbuka puasa agar mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup.

Ketiga, orang yang berpuasa sebaiknya juga mengurangi ataupun menghindari jenis makanan tertentu. Makanan yang tinggi garam dan makanan awetan harus dibatasi.

"Hindari makanan tinggi natrium/garam dan awetan makanan asupan garam yang terlalu tinggi menjadikan tubuh menarik cairan dari sel dan ini akan menyebabkan dehidrasi," ujar dia.

Selain itu, minuman dengan efek diuretik atau memicu buang air kecil seperti teh, kopi, dan minuman bersoda juga perlu dihindari saat sahur. Pasalnya, jenis minuman seperti itu juga dapat mengakibatkan dehidrasi. (OL-13)

Baca Juga:  Berbuka Puasa dengan Kelapa Muda dan Teh untuk Jaga Kesehatan

 

Baca Juga

Antara/Yulius Satria Wijaya.

E-commerce yang paling Dicari Konsumen selama Ramadan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:00 WIB
Posisi itu diikuti Tokopedia 18% dan Lazada 4%. Situs belanja online lain yang juga disebut konsumen ialah Bukalapak, Blibli, dan...
Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Sabtu, 28 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN