Selasa 11 Mei 2021, 20:04 WIB

Muslim Indonesia di Belgia Galang Donasi Bangun Masjid di Brussels

Humaniora | Ramadan
Muslim Indonesia di Belgia Galang Donasi Bangun Masjid di Brussels

AFP/DANIEL LEAL-OLIVAS
Ilustrasi. Masjid Fazl di selatan London, Inggris (23/3/2021)

 

Diaspora muslim Indonesia di Belgia menggalang donasi untuk pembangunan masjid Indonesia di jantung Eropa. Masjid Indonesia itu rencananya di bangun di Brussels, kota yang menjadi pusat kantor Uni Eropa.

Ayang Utriza Yakin, visiting professor di Ghent University Belgia dan panitia pembangunan masjid, mengungkapkan bahwa komunitas muslim Indonesia secara serius berupaya mewujudkan masjid yang menjadi pusat kegiatan keislaman.

"Komunitas muslim Indonesia di Belgia bertekad kuat untuk mewujudkan pembangunan masjid Indonesia di Brussels, Belgia," ungkap Ayang dalam keterangan resmi Selasa  (11/5).

Baca juga: BMKG Prediksi 12 Mei 2021 Masih Masuk Bulan Ramadan

Menurut Ayang, rencana pembangunan masjid Indonesia di Belgia ini didukung oleh Duta Besar RI di Brussels dan KBRI Brussels, serta komunitas muslim Indonesia di negara-negara Eropa. Selain itu, dukungan juga berdatangan dari komunitas-komunitas muslim dari lintas negara di Belgia.

Dana pembangunan masjid Indonesia di Belgia ini sekitar Rp9 miliar, serta sudah terkumpul Rp6 miliar. "Dana yang dibutuhkan masih kurang Rp3 miliar, yang harus dibayarkan tim panitia pada 31 Juni 2021," jelas Ayang.

Rencananya, lokasi tanah dan bangunan itu berada di St Pieters Leeuw, Brussels, Ibu Kota Uni Eropa. Luas tanahnya adalah 532 meter persegi, sedangkan luas bangunan 530 meter persegi.

Bersama beberapa penggerak dari PCINU Belgia yakni Kiai Bahtiar, ustaz Anton dan komunitas mahasiswa di negeri itu, Ayang Utriza Yakin mengajak muslim dan warga Indonesia di berbagai negara untuk berdonasi dan mendoakan yang terbaik demi kelancaran pembangunan masjid ini.

Panitia pembangunan masjid ini bekerjasama dengan NUCare-Lazisnu untuk memudahkan donasi, dengan gerakan wakaf 50 ribu rupiah.

Wakaf Rp50.000 per orang itu silakan dikirimkan melalui nomor rekening 863842139 (Bank BNI) atas nama PP LAZIS NU. Lalu dituliskan keterangan transfer: ‘infak/sedekah/wakaf untuk pembangunan masjid di Belgia’. Setelah itu, silakan melakukan konfirmasi ke narahubung melalui WhatsApp 0822-2143-7487 (M Fadlan/NU Care-LAZISNU). Bisa pula menghubungi nomor +32 494 43 84 23 (Anton Abdul Fatah/Nusantara Cultural Center Belgia).

Selain itu, penggalangan dana juga bekerja sama dengan kitabisa.com dan beberapa platform lain (H-3).

Baca Juga

Antara/Yulius Satria Wijaya.

E-commerce yang paling Dicari Konsumen selama Ramadan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:00 WIB
Posisi itu diikuti Tokopedia 18% dan Lazada 4%. Situs belanja online lain yang juga disebut konsumen ialah Bukalapak, Blibli, dan...
Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Senin, 05 Des 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN