Rabu 28 April 2021, 08:10 WIB

Banda Aceh Perketat Razia Prokes Selama Ramadan

Humaniora | Ramadan
Banda Aceh Perketat Razia Prokes Selama Ramadan

ANTARA/ IRWANSYAH PUTRA
Tim Satgas Covid-19 Banda Aceh menegur pedagang yang tidak memakai masker di Pasar tradisional Peunayong, Banda Aceh, Kamis (22/4/2021)

 

Tim Satgas Covid-19 Banda Aceh mulai memperketat pengawasan dan peningkatan razia protokol kesehatan (prokes) selama Ramadan dengan sasaran warung kopi (warkop) hingga pasar.

"Kita kembali perketat pengawasan di pasar-pasar, dan razia juga kita tingkatkan di warung kopi," kata Kepala Satpol PP dan Wilayatul Hisbah (WH) Banda Aceh Heru Triwijanarko, di Banda Aceh, Selasa (27/4).

Heru mengatakan, pengawasan protokol kesehatan ditingkatkan karena sejak beberapa hari ini terjadi lonjakan kasus positif covid-19 di Banda Aceh.

Baca juga: Pengalaman Berkesan Relawan Alumni IPB Bagikan 1.000 Wakaf Alquran

Kata Heru, petugas bukan hanya melakukan razia saja, tetapi juga mengingatkan masyarakat untuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah.

"Artinya kita tidak juga memberatkan masyarakat dengan melakukan penindakan, tetapi kita hadir ke tengah masyarakat untuk mengingat mereka," ujarnya.

Heru menuturkan, razia prokes biasanya dilakukan setelah tarawih, karena memang usai shalat banyak masyarakat Aceh nongkrong di warung kopi, dan ke pusat perbelanjaan.

"Pengawasan dan razia prokes itu kita lakukan setelah shalat tarawih, karena ramai yang ngumpul minum kupi usai tarawih," kata Heru.

Selain itu, Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Banda Aceh telah memutuskan memperkuat penegakan prokes dengan menggelar razia secara masif di berbagai tempat publik.

“Ada lebih dari 50 pasien dalam minggu ini yang positif covid-19. Maka dari itu kami mengambil langkah untuk tingkatkan razia-razia,” kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.

Aminullah juga mengingatkan warga kota agar terus disiplin protokol kesehatan yang berlaku guna melawan penyebaran virus mematikan tersebut.

“Di bulan mulia ini seharusnya bisa kita nikmati ibadah secara nyaman. Kita tak ingin lebih lagi, semoga angka ini menurun cepat, hingga Idul Fitri bisa kita rayakan dengan baik,” ujar Aminullah. (Ant/H-3)

Baca Juga

Antara/Yulius Satria Wijaya.

E-commerce yang paling Dicari Konsumen selama Ramadan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:00 WIB
Posisi itu diikuti Tokopedia 18% dan Lazada 4%. Situs belanja online lain yang juga disebut konsumen ialah Bukalapak, Blibli, dan...
Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Selasa, 28 Jun 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN