Selasa 28 Maret 2023, 23:44 WIB

Calon Hakim Agung Triyono Mengaku Hartanya Bersumber dari Warisan 

Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum
Calon Hakim Agung Triyono Mengaku Hartanya Bersumber dari Warisan 

MI / Susanto
Calon Hakim Agung Triyono Martanto saat diminta klarifikasi terkait dugaan plagiasi makalah yang ia buat saat uji kelayakan dan kepatutan

 

CALON Hakim Agung Kamar TUN Khusus Pajak, Triyono Martanto, menjelaskan soal hartanya yang tercatat pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) senilai Rp51,2 miliar. Harga itu bersumber dari warisan.

"Ini disebabkan pada saat itu kondisi orang tua saya pada 2020 sudah sangat menurun. Pada saat itu beliau ingin setidak-tidaknya membahagiakan, membagikan sebagian hartanya dengan cara hibah," kata Triyono saat mengikuti uji kelayakan di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, (28/3). 

Ia menjelaskan soal lonjakan harta pada 2020 ke 2021. Total harta yang bertambah dari Rp9 miliar menjadi Rp19 miliar.

Baca juga : DPR Cecar Kekayaan Calon Hakim Agung Triyono yang Melejit Jadi Rp51,2 Miliar 

"Pada saat itu kami bertiga (bersaudara) dapat hibah dari ibu saya masing-masing Rp10 miliar, dan itu masing-masing dimasukkan di BRI. Jadi nanti mungkin di PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) juga ada itu aliran uang terkait dengan Rp10 miliar yang tadi disampaikan yang diberikan ibu saya," ucap Triyono.

Baca juga : Triyono dan Harnoto tak Dipilih DPR Jadi Calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc

Pada 2021, kata Triyono, ia kembali mendapat warisan sebesar Rp30.562.514.284. Karena ibu Triyono meninggal pada 2 Desember 2020.

Sebagian besar bentuk warisan itu berupa deposito, tabungan, dan surat berharga negara. Total warisan itu juga sudah dimasukkan ke dalam LHKPN.

"Jadi semuanya itu ada di dalam sistem keuangan kita semua, jadi tidak ada yang di luar sistem keuangan kita," jelas Triyono.

Triyono menekankan bahwa terdapat juga saham di perbankan. Sehingga, seluruh harta yang ia peroleh bisa dilacak melalui sistem perbankan.

"Jadi ini di ruang publik ini saya juga akan mengklarifikasi terkait dengan hal itu, semua harta semua, semua arus itu sebenarnya ada di dalam sistem perbankan dan itu sebenarnya bisa dilacak terkait dengan keberadaan harta saya penambahan harta saya tersebut," kata Triyono.

Sebelumnya, Anggota Komisi III DPR Arsul Sani meminta Triyono menjelaskan secara detail soal kekayaannya. Karena kekayaan Triyono menjadi polemik di publik.

"Karena ini sudah tersebar di sosial media, kalau enggak salah melalui sebuah akun bernama akun partaisocmed. Maka saya perlu untuk mengklarifikasi dalam ruangan ini ya," ujar Arsul saat mengikuti uji kelayakan di Komisi III DPR. (Z-8)
 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Hadiri HUT Ke-25 Tionghoa, Ganjar Ajak Berkolaborasi untuk Pembangunan Indonesia

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 02 Oktober 2023, 21:39 WIB
Saat tiba di lokasi, Ganjar yang mengenakan baju batik disambut oleh Ketua Umum PSMTI Pusat Wilianto...
MI/HO

Melani Leimena: KWP Award Pacu Kinerja Anggota DPR

👤Media Indonesia 🕔Senin 02 Oktober 2023, 21:36 WIB
Melani menilai penghargaan KWP Award menjadi motivasi lebih untuk anggota DPR untuk berbuat lebih baik lagi ke...
Dok. MI

Responden Nilai Ketegasan dan Kebijaksanaan Andika Perkasa Cocok Dampingi Ganjar Pranowo

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 02 Oktober 2023, 21:20 WIB
LEMBAGA survei Indikator Politik Indonesia melansir hasil survei dengan tajuk ‘Signifikansi NU dan Peta Elektoral Jelang Pemilu 2024...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya