Selasa 17 Januari 2023, 06:21 WIB

Sosialisasi Sebelum Kampanye tidak Perlu Atribut Parpol

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Sosialisasi Sebelum Kampanye tidak Perlu Atribut Parpol

Antara
Atribut kampanye

 

KEPALA Humas PGI Jeirry Sumampow menegaskan bahwa sosialisasi sah-sah saja asal tidak menggunakan atribut partai politik (parpol).

Menurutnya, jika dalam sosialisasi dengan masyarakat sudah menggunakan atribut parpol, lantas tak ada perbedaan signifikan dengan kampanye. "Ya sudah pasti sosialisasi ya kumpulin massa lah. Ini yang harus dipikirkan dengan KPU karena sosialisasi harus ada orangnya. Sudah pasti ngumpulin massa," papar Jeirry.

"Cuma kan mungkin pengorganisasiannya dibuat berbeda dengan kampanye. Misalnya, tidak perlu ada atribut partai di situ, kalau kampanye kan ada," tambahnya.

Ia membandingkan dengan Pemilu sebelumnya yang tiga hari setelah penetapan calon peserta pemilu calon legislatif langsung diperbolehkan untuk kampanye. "Sekarang perppu nomor 1 kan ada waktu 25 hari. Karena aneh aja kita ini 25 hari sudah ada caleg belum kampanye, tidak mungkin mereka tidak kampanye," ujarnya.

Karena itu , lanjut Jeirry, sosialisasi diperbolehkan tetapi dalam waktu ini tidak boleh ada atribut.

Pasalnya, kalau ada atribut bakal masuk kategori kampanye. "Tidak boleh ada atribut. Semestinya pengaturannya tidak boleh ada atribut dan atribut baru boleh saat masa kampanye," tegasnya.

Adapun Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyambangi kantor Persekutuan Gereja Indonesia atau PGI, Senin (16/1/2023). Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menggandeng PGI untuk turutserta menjaga perdamaian penyelenggaraan Pemilu 2024. Kedatangan Ketua dan Komisioner KPU RI disambut langsung oleh ketua umum PGI Gomar Gultom. (OL-12)

Baca Juga

MI/Susanto

Terkait Kasasi Kasus Indosurya, KSP Ingatkan MA soal Nasib Korban Investasi Bodong

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 03:36 WIB
"Kita mengimbau rasa keadilan di masyarakat itu harus dilihat secara komperhensif supaya keadilan bisa dirasakan oleh...
Antara

Surya Darmadi Sebut HGU Tak Keluar Jika Sawit Belum Ditanam

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 23:56 WIB
Surya menjelaskan bahwa aturan tersebut diterbitkan untuk mengetahui keseriusan pengusaha dalam membangun...
Antara

Sandiaga: Perjanjian Prabowo-Anies-Sandi untuk Kepentingan Pilgub 2017

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:27 WIB
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno membeberkan isi dari surat perjanjian yang ia tanda tangani bersama Prabowo Subianto...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya