Kamis 12 Januari 2023, 12:30 WIB

Jaksa Agung Minta Anak Buah Kedepankan Nurani

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Jaksa Agung Minta Anak Buah Kedepankan Nurani

MI/Mohamad Irfan
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin

 

JAKSA Agung Sanitiar Burhanuddin meminta anak buahnya mengedepankan nurani dalam menentukan nasib perkara yang ditangani. Ia mewanti-wanti para jaksa agar tidak menyalahgunakan wewenang sekecil apapun dan harus mendengar semua aspirasi di masyarakat dalam setiap penanganan perkara.

"Gunakan hati nuranimu, apakah perkara ini layak untuk dilanjutkan, layak diringankan atau layak untuk diperberat? Kewenangan yang saudara miliki sangat besar dalam membangun citra penegakan hukum di masyarakat," kata Burhanuddin melalui keterangan tertulis, Kamis (12/1).

Pernyataan itu disampaikan Jaksa Agung menanggapi penanganan perkara pemerkosaan dengan korban pelajar yang dilakukan jaksa pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Lahat, Sumatera Selatan. Diketahui, penuntut umum menuntut dua pelaku yang juga masih di bawah umur, pidana penjara 7 bulan. Pengadilan Negeri Lahat akhirnya menjatuhkan hukuman 10 bulan penjara.

Menurut Jaksa Agung, kepekaan penegak hukum sangat dibutuhkan dalam menangani setiap perkara. Burhanuddin menyebut anak buahnya di Lahat hanya melihat melihat sisi pelaku yang pada saat melakukan tindak pidana masih di bawah umur, menafikan kondisi psikologis, dan trauma korban maupun keluarga korban.

"Seharusnya tidak ada alasan untuk memberikan hukuman ringan atau dispensasi bagi pelaku," ujar Jaksa Agung.

Baca juga: Tuntutan Ringan Kasus Pemerkosaan Di Lahat, JPU Harus Diberhentikan

Oleh karena itu, ia menegaskan aspek psikologi, agama, dan lingkungan harus menjadi perhatian seluruh jaksa untuk menanganani perkara, sehingga sense of crisis akan tertanam dalam nurani. Semangat itu dapat dilatih dengan melihat langsung korban, pelaku, masyarkat, maupun kearifan lokal yang hidup di tengah masyarakat.

"Dan jika itu dilakukan, protes, kontroversi, polemik dalam setiap penanganan perkara dapat dihindarkan," tandasnya. (P-5)

Baca Juga

DOK MI

Erick Thohir Cawapres Potensial Besar Raih Hati Pemilih Milenial

👤Widhoroso 🕔Minggu 05 Februari 2023, 22:32 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir menjadi sosok yang paling banyak mendapat perhatian pemilih muda alias...
MI/Emir

Wapres akan Hadiri Puncak Peringatan Harlah 1 Abad NU di Jatim

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 05 Februari 2023, 22:00 WIB
Salah satu rangkaian Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU adalah Muktamar Internasional I Fikih Peradaban, yang akan dibuka Wapres pada...
DOK MI

Duet Ganjar-Erick Sosok Pimpinan Yang Saling Melengkapi

👤Widhoroso 🕔Minggu 05 Februari 2023, 18:25 WIB
KOMBINASI Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir selalu menjadi idaman masyarakat Indonesia dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya