Senin 09 Januari 2023, 18:21 WIB

KPU Siap Fasilitasi Hak Pilih Mahasiswa Rantau Hingga Warga Binaan

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
KPU Siap Fasilitasi Hak Pilih Mahasiswa Rantau Hingga Warga Binaan

Antara
Potret petugas menyusun kotak suara untuk logistik pemilu.

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI bakal memfasilitasi hak pilih mahasiswa yang berasal dari luar kota hingga warga binaan Lapas.

"Mulai Januari, KPU akan membantu memfasilitasi menguruskan itu, termasuk mahasiswa yang sekolah kedinasan, atau santri juga enggak mungkin pulang. Kita bantu fasilitasi untuk mengurus pindah milih,” jelas Ketua KPU Hasyim Asy'ari, Senin (9/1).

Namun, bantuan untuk pindah milih berpotensi hanya untuk pemilihan calon presiden dan wakil presiden. Pihaknya siap berusaha semaksimal mungkin untuk memfasilitasi hak memilih warga binaan di lembaga permasyarakatan.

Baca juga: Bawaslu Investigasi Pemasangan Bendera Partai Ummat di Masjid Cirebon

"Di rutan akan kita fasilitasi untuk pindah milih," imbuh Hasyim.

Tak hanya itu, KPU juga mengajak mahasiswa di kampus untuk menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Hal itu diutarakan Hasyi dalam acara penandatanganan nota kesepahaman KPU dengan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Baca juga: Megawati sudah Punya Nama Bakal Capres Tinggal Diumumkan

"Kalau misalkan, mahasiswa Ubhara ini kampusnya ada di Jakarta Selatan maupun di Bekasi, mahasiswa tidak hanya orang di situ saja, bisa dari mana-mana. Sehingga, bisa ditugaskan di kampung halamannya sesuai dengan alamat KTP," tuturnya. 

"Nanti dilaporkan ke KPU, kira-kira mahasiswa yang akan menjadi anggota KPPS untuk pemilu maupun untuk pilkada. Siapa saja namanya, fakultasnya apa, kemudian kita pakai nomor induk kependudukan. Nanti kita bisa tugaskan di daerah mana," sambung Hasyim.(OL-11)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Gencarnya Silaturahmi Parpol akan Kurangi Potensi Turbulensi Politik

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:48 WIB
Golkar tetap membuka komunikasi dengan partai-partai lain. Kunjungan parpol ke Golkar untuk menjalin silaturahmi politik dan menjaga...
MI/Susanto

KPK: Kabar Penyitaan Harta Pimpinan KPK Hoaks

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:24 WIB
KPK memastikan informasi mengenai penyitaan harta pimpinan KPK yang tersimpan di luar negeri adalah tidak benar alias...
Antara

Gusdurian Sebut Erick Thohir Punya Daya Magnet bagi Warga NU

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:41 WIB
Humaidi mengatakan terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Harlah adalah wujud kepercayaan para tokoh dan sesepuh NU Menteri BUMN...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya