Kamis 29 Desember 2022, 16:27 WIB

Jelang Akhir Tahun, Elektabilitas Prabowo Teratas

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Jelang Akhir Tahun, Elektabilitas Prabowo Teratas

Menhan Prabowo Subianto
Antara

 

KETUA Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi dengan perolehan 31,8% berdasarkan hasil survei yang digelar lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN). 

Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara mengatakan, trend elektabilitas Prabowo cenderung menguat ketimbang periode sebelumnya.

"Sampai dengan survei periode Desember 2022, perolehan elektabilitas Prabowo masih stabil diangka 31,8% bahkan cenderung menguat," kata Igor dalam rilis surveinya, Kamis (29/12).


Ada beberapa perspektif mengapa nama Prabowo Subianto masih menguat untuk barometer elektabilitasnya. Salah satunya adalah terkait dengan sepak terjangnya membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pertahanan.

"Hasil dari fokus kerjanya sebagai Menteri Pertahanan dan endorse yang dilakukan oleh Jokowi terhadapnya," jelas Igor.

Faktor lain, sambung Igor, ialah pernyataan Prabowo yang menyatakan siap kembali mengikuti kontestasi Pilpres 2024.

"Fokusnya untuk menjalankan amanah Presiden dibidang pertahanan patut diapresiasi mengingat Prabowo telah mendeklarasikan kesiapannya kembali untuk bertarung dalam pilpres. Sikapnya yang patriotis, negarawan dan berjiwa besar dalam beberapa momen nasional dan internasional ternyata juga tak luput dari perhatian dan apresiasi publik," tandasnya.

Di bawah Prabowo, ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo yang berdasarkan hasil survei elektabilitasnya mencapai 20,1%. Kemudian diikuti eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan 19,7 persen. Laju elektabilitas ketiga tokoh besar itu masih saling mendominasi.

Di dalam survei SPN, Igor membuat empat simulasi untuk dua pasangan calon saja di Pemilu 2024. Salah satunya adalah dengan mengukur seberapa kuat Prabowo Subianto jika dipasangkan dengan empat nama, yakni Ganjar Pranowo, Erick Thohir, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Ridwan Kamil alias Kang Emil. Hasilnya, Prabowo akan dominan ketika dipasangkan dengan Ganjar Pranowo.

Untuk simulasi pertama yakni Prabowo-Ganjar (63,3 persen) jika melawan Anies-AHY (29,1 persen) dan swing voters (7,6 persen). Lalu simulasi kedua Prabowo-Erick mendapatkan 60,9% melawan Ganjar-Airlangga yang memperoleh 33,4 persen dan swing voters 5,7 persen. Kemudian untuk pasangan Prabowo-Muhaimin (40,1%) melawan Ganjar-Erick (55,8%) dengan swing voters 4,1%. Terakhir di simulasi keempat, jika Prabowo dipasangkan dengan Ridwan Kamil akan mendapat 42,7 persen dan lawannya Ganjar-Erick akan mendapat 41,5 persen dengan swing voters 15,8 persen.

"Survei juga menemukan bahwa pasangan terkuat bila terjadi hanya ada dua pasangan calon berkompetisi ditempati oleh Prabowo-Ganjar dan Prabowo-Erick," pungkasnya

Survei SPIN digelar pada 1-10 Desember 2022 dengan melibatkan 1.230 responden di 34 provinsi. Teknik pengumpulan sample yang dipakai adalah multistage random sampling dengan margin of error -/+ 2,8 persen dan level kepercayaannya 95 persen. (OL-8)

Baca Juga

Ist

IKA Menwa Seroja Timor Timur Gelar Munas dan Silaturahmi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:58 WIB
Dalam kegiatan Silatnas tersebut Ika Menwa Seroja Timor Timur juga menyelenggarakan Sarasehan dengan judul “Peran IKA Menwa Seroja...
ANTARA

Soal Cawapres, Pilihan PPP Mengerucut Pada Sosok Erick Thohir

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:53 WIB
PARTAI Persatuan Pembangunan (PPP) sampai saat ini PPP masih dalam tahap penyaringan nama-nama yang akan diusung sebagai capres dan...
MI/Usman Iskandar.

Nama Bakal Calon Wakil Presiden Anies Baswedan Mulai Mengerucut

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:30 WIB
Parpol anggota Koalisi Perubahan terutama Tim Kecil terus melakukan pembahasan tentang sosok pendamping...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya