Kamis 01 Desember 2022, 11:20 WIB

Bawaslu: Laporan Pelanggaran Pemilu dari Masyarakat Minim, 81% dari Panwaslu

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Bawaslu: Laporan Pelanggaran Pemilu dari Masyarakat Minim, 81% dari Panwaslu

MI/Moh Irfan
Gedung Bawaslu RI di Jakarta.

 

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyatakan sebanyak 81 persen penanganan pelanggaran masih lahir dari temuan jajaran pengawas pemilu. Data terjadi pada Pemilu 2019 silam.

Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty, menerangkan laporan dari masyarakat terkait adanya penanganan pelanggaran masih sangat kecil.

"Angkanya masih 19 persen. Maka tantangan bagi Bawaslu di 2024 adalah bagaimana mampu mengerakkan masyarakat sipil, semua pihak, berkolaborasi melakukan pengawasan," ujar Lolly, Kamis (1/12).

"Karena kualitas demokrasi kita sangat tergantung proses yang baik, proses yang baik ini memerlukan pengawasan kita semua," tambahnya.

Lolly mengaku upaya masyarakat agar mandiri melaporkan jika mengetahui adanya pelanggaran merupakan tantangan.

Selain masih terbatasnya pemahaman soal mana yang melanggar dan tidak melanggar, Lolly menilai masyarakat masih perlu literasi soal pengawasan kepemiluan. "Maka ini yang didorong Bawaslu saat ini untuk memperluas ruang-ruang belajar bersama," terangnya.

Salah satu cara yang tengah didorong Bawaslu adalah membentuk komunitas digital kepemiluan dengan 'nama jarimu awasi pemilu'.

"Ini akan terbangun percakapan yang mengedukasi publik, seluruh kelompok kepentingan, komunitas hobi, akan hadir dalam ruang-ruang percakapan ini," ujarnya.

"Ini ruang literasi digital yang memang disiapkan Bawaslu. Dalam konteks apa lagi yang bisa dilakukan Bawaslu untuk memastikan prosesnya jalan, adalah kolaborasi semacam ini," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Antisipasi Money Politic, Bawaslu Perketat Pengawasan Ruang Digital

Baca Juga

Antara

Polri: Ada Potensi Tersangka Baru dalam Kasus Gagal Ginjal Akut

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 30 Januari 2023, 17:00 WIB
Sejauh ini, terdapat 11 tersangka dalam kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak, yang terdiri dari 4 tersangka perorangan...
Antara

Presiden Minta Pemuda Muhammadiyah Jaga Keharmonisan Bangsa

👤Andhika prasetyo 🕔Senin 30 Januari 2023, 15:50 WIB
Presiden menitipkan pesan kepada PP Pemuda Muhammadiyah untuk membantu pemerintah menjaga keharmonisan bangsa di masa menjelang Pemilu...
MI/ Moh Irfan

Hari Ini, PKS Akan Sampaikan Sikap Soal Pencapresan Anies

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Senin 30 Januari 2023, 15:25 WIB
Dia menyampaikan konferensi pers nanti terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Informasi tersebut akan disampaikan Wakil Ketua Majelis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya