Rabu 30 November 2022, 13:20 WIB

Bharada E Ungkap Kedekatan Brigadir J dengan PC

Irfan Julyusman | Politik dan Hukum
Bharada E Ungkap Kedekatan Brigadir J dengan PC

ANTARA FOTO/Fauzan
Terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Richard Eliezer

 

TERDAKWA Richard Eliezer alias Bharada E mengungkap kedekatan Putri Candrawathi dengan Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Hal tersebut Richard sampaikan saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus dugaan pembunuhan berencana dengan terdakwa Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (30/11).

Richard menyebut korban selalu mendampingi istri Ferdy Sambo lantaran merangkap sebagai sopir dan ajudan dari Putri Candrawathi.

"Dalam kesehariannya, aktivitas PC apa?" tanya Hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (30/11).

"Pagi, jalan pagi aja" jawab Richard.

"Maksud saya setiap kegiatan PC ini selalu didampingi korban?" tanya Hakim kembali

"Selalu didampingi, korban merangkap driver sekaligus ajudan," ucap Richard.

Kesaksian tersebut disampaikan lantaran Richard selalu berjaga di rumah pribadi Ferdy Sambo yang terletak di jalan Saguling. Sehingga mengetahui perihal kedekatan korban selaku ajudan dan Putri Candrawathi.

"Kedekatan antara korban dengan PC seberapa dekat?" tanya Hakim.

"Dekat yang mulia, karena saya stand by di Saguling," ungkap Richard.

Sebelumnya, tiga terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Yosua akan saling memberi kesaksian dalam sidang lanjutan tersebut.

"Agenda keterangan saksi KM (Kuat Ma'ruf) dan RR (Ricky Rizal) menjadi saksi untuk perkara terdakwa Bharada E (Richard Eliezer) dan sebaliknya, keterangan saksi Bharada E untuk perkara terdakwa KM dan RR" kata Djuyamto saat dihubungi melalui pesan elektronik, Selasa (29/11).

Baca juga: Bharada E dan Bripka RR Minta Maaf karena Berbohong ke Penyidik

Diberitakan sebelumnya, Richard Eliezer, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf bersama dengan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi didakwa oleh jaksa telah melakukan pembunuhan secara terencana dalam merenggut nyawa Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Dalam kasus tersebut, jaksa mendakwa kelimanya dengan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 56 ke-1 KUHP. Atas dakwaan jaksa tersebut, maka kelimanya terancam pidana maksimal hukuman mati, penjara seumur hidup atau selama-lamanya 20 tahun.

Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi didakwa melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Pada perkara tersebut, mereka didakwa melanggar Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP.

Selain didakwa telah melakukan pembunuhan berencana, Ferdy Sambo juga turut didakwa telah melakukan perbintangan penyidikan atau obstruction of justice dalam menangani kasus kematian Yosua Hutabarat.

Dikarenakan tindakannya tersebut, Ferdy Sambo didakwa telah melanggar Pasal 49 jo Pasal 33 subsider Pasal 48 Jo Pasal 32 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP. Atau diancam dengan pidana dalam Pasal 233 KUHP subsider Pasal 221 ayat (1) ke-2 jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.(OL-5)

Baca Juga

MI/ Moh Irfan

KPU Imbau Peserta Pemilu 2024 Tak Gunakan Dana Kampanye Ilegal

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 29 Januari 2023, 15:06 WIB
KPU mengimbau peserta Pemilu 2024 untuk tak gunakan dana kampanye ilegal. Komisioner KPU RI Idham Holik mengemukakan akan ada sanksi pidana...
dok.Ant

Tirta Lunggana Keluar Dari Kepengurusan DPW PPP DKI Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 14:24 WIB
KADER Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sekaligus Sekretaris DPW PPP DKI Jakarta Guruh Tirta Lunggana menyatakan telah mengundurkan diri...
dok.humas ppp

Harlah ke-50 PPP Cilegon Meriah, Mardiono Yakin PPP Bangkit

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 14:20 WIB
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono meyakini partainya akan bangkit di Pemilu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya