Sabtu 13 Agustus 2022, 11:34 WIB

Bertambah, 16 Anggota Polisi Ditahan Terkait Kasus Tewasnya Brigadir J

Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum
Bertambah, 16 Anggota Polisi Ditahan Terkait Kasus Tewasnya Brigadir J

Dok MI
Ilustrasi polisi

 

SEBANYAK 16 orang anggota polisi ditahan terkait kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Mereka mendekam di tempat khusus (patsus).

"Jumlah sampai dengan hari ini 16 orang telah ditempatkan di patsus," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Sabtu (13/8).

Dedi memerinci sebanyak enam orang ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat. Lalu, sebanyak 10 orang di Provost Mabes Polri. Sebelumnya, terdapat 12 anggota polisi yang ditahan. Kini bertambah empat berdasarkan hasil riksa dan giat yang dilakukan Polri. Keempat orang itu yakni perwira menengah Polda Metro Jaya (PMJ). Tiga berpangkat AKBP dan satu kompol.

"Ditetapkan empat perwira menengah PMJ (3 AKBP dan 1 Kompol) menjalankan Patsus di Biro Provost Mabes Polri," jelas Dedi.

Baca juga: IPW Harapkan Semua yang Terlibat dan Menghalangi Kasus Brigadir J Diperiksa

Sebelumnya, polisi menetapkan empat tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Mereka ialah mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer (E), Kuat Ma'ruf (KM), dan Bripka Ricky Rizal (RR).

Keempat tersangka memiliki perannya masing-masing dalam kasus ini. Bharada E yang melakukan penembakan. KM dan Bripka RR yang membantu hingga terjadi peristiwa penembakan. Sedangkan, Ferdy Sambo yang memerintahkan penembakan hingga membuat skenario agar terlihat sebagai peristiwa baku tembak.

Atas peristiwa ini, Ferdy Sambo dan anak buahnya disangkakan melanggar Pasal 340 subsider Pasal 338 jo Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP. Ancaman pidananya maksimal hukuman mati.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Arnas Padda

Presiden: TNI Harus Tingkatkan Profesionalitas

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 13:22 WIB
"Di tengah tantangan bangsa yang kompleks, saya minta TNI terus meningkatkan profesionalitas. TNI harus terus secara bertahap...
MI/Adam Dwi

Komisioner Komnas HAM Baru Diharap Serius Tuntaskan Pelanggaran

👤Yakub Pryatama 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 13:07 WIB
Usman mendesak komisioner Komnas HAM yang baru untuk segera menetapkan pembunuhan Munir sebagai pelanggaran HAM...
dok.mi

SMRC Sarankan PDIP Usung Capres yang Popoler untuk Kalahkan Anies

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 06:10 WIB
PDI Perjuangan perlu mengusung calon yang juga populer. Ganjar Pranowo merupakan opsi yang tepat untuk maju dalam Pilpres 2024, saran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya