Jumat 12 Agustus 2022, 17:30 WIB

Bertemu Pimpinan Lembaga Negara, Jokowi Bahas Subsidi BBM dan Krisis

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Bertemu Pimpinan Lembaga Negara, Jokowi Bahas Subsidi BBM dan Krisis

MI/RAMDANI
Presiden Joko Widodo saat diwawancarai Media Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

 

PRESIDEN Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi bertemu dan berbicara selama 2,5 jam dengan pimpinan lembaga negara. Adapun pembicaraan tersebut menyangkut krisis global, berkaitan dengan krisis pangan, krisis energi, dan juga krisis keuangan. 

"Kita berbagi sharing mengenai hal-hal yang berkaitan dengan domestik kita, berkaitan dengan pangan dan energi," ujar Jokowi pada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/8).

Baca juga: Polisi Tidak Kabulkan Penangguhan Penahanan Roy Suryo

Jokowi menjelaskan sudah lama pimpinan lembaga-lembaga tinggi negara tidak saling bertemu disebabkan pandemi Covid-19. Momentum menjelang peringatan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus, ujar Jokowi, dianggap pas membicarakan hal itu.

"Ini kan pas 17 Agustusan, bicara dan bicara mengenai hal-hal itu," imbuh Jokowi.

Lebih jauh, kepala negara menjelaskan dirinya membahas soal krisis dan subsidi energi yakni bahan bakar minyak (BBM) yang porsinya cukup besar pada para pimpinan lembaga negara. Subsidi BBM yang mencapai Rp502 triliun. Itu diakibatkan pemerintah harus menjaga harga BBM terutama Pertalite, gas, listrik, juga Pertamax.

"Apakah angka Rp502 triliun itu terus kuat kita pertahankan? kalau bisa alhamdulilah artinya rakyat tidak terbebani tapi kalau APBN tidak kuat bagaimana?," tegas Jokowi.

Lebih jauh, ia mengatakan harga BBM fi negara lain sudah mencapai Rp17-18 ribu. Dalam pertemuan itu, hadir Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun, Ketua Mahkamah Agung M Syarifuddin, dan Ketua Komisi Yudisial Mukti Fajar Nur Dewata. (OL-6)

Baca Juga

DOK MI

KPU Wajib Cermati Hal Teknis

👤Putra Ananda 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:45 WIB
KOMISI Pemilihan Umum (KPU) diminta mencermati hal teknis terkait penyelenggaraan tahapan Pemilu 2024...
MI/Susanto

Kejagung Periksa Pejabat Pemkab Serang Usut Rasuah Waskita Beton

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:12 WIB
Salah satu pejabat yang diperiksa berinisial TEMS selaku Sekretaris Daerah Pemkab Serang. Dua saksi lainnya berinisial HS dan...
dok.ist

Eros Djarot: Perintah Jokowi Berantas Mafia Tanah Tegas dan Jelas Kok

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:05 WIB
KETUA Gerakan Bhinneka Nasionalis, Eros Djarot menilai Presiden Jokowi dipermalukan oleh komplotan mafia tanah.Sebab perintah presiden...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya