Selasa 09 Agustus 2022, 12:56 WIB

PAN Jawa Barat Siapkan Lima Calon Capres 2024

Naviandri | Politik dan Hukum
PAN Jawa Barat Siapkan Lima Calon Capres 2024

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Desy Ratnasari

 

PARTAI Amanat Nasional (PAN) Provinsi Jawa Barat (Jabar), telah memutuskan nama-nama  yang akan dicalonkan pada Pilpres 2024. Nama-nama tersebut merupakan keputusan bersama setelah melaksanakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) se-Jabar.

"Dari calon dari internal tentunya kami memutuskan Ketua Umum Pak Zulkifli Hasan. Sedangkan dari eksternal ada saudaraku Anies Baswedan,
saudaraku Erick Thohir, saudaraku Ridwan Kamil dan saudaraku Ganjar Pranowo," kata Ketua DPW PAN Jabar Desy Ratnasari dalam keterangan yang diterima Senin (9/8).

Desy mengatakan tokoh yang diusulkan itu dinilai mumpuni untuk memimpin Indonesia. Dia juga menjelaskan alasan memilih sosok pemimpin dari kelima orang tersebut. Usulan Ganjar Pranowo berdasarkan serapan aspirasi masyarakat melalui Musda. Sementara itu, nama Anies Baswedan muncul karena pihaknya memandang telah memiliki banyak prestasi saat memimpin DKI Jakarta.

"Untuk ketum jelas kita selaku kader akan mendukung penuh ketum. Di sisi lain untuk calon lainnya pun juga memiliki keunggulan, semisal saudaraku Ridwan Kamil adalah orang Sunda, yang cukup disukai dan saudaraku Erick kami nilai memiliki cukup pengetahuan tentunya bagaimana mengatur perekonomian," jelasnya.

Kalau saudaraku Ganjar lanjut Desy,  ternyata di Jabar khususnya di wilayah tertentu menyukai beliau karena rendah hati dan prestasi yang
ditorehkannya. Nama-nama tersebut akan diajukan ke DPP PAN untuk diputuskan dalam Rakernas. Sehingga diharapkan ada beberapa nama yang menjadi calon kuat usulan PAN untuk memimpin Bangsa Indonesia.

Terkait calon Gubernur Jabar 2024 mendatang, para kader terutama para Ketua DPD tingkat kabupaten dan kota sepakat memilih Desy Ratnasari.

"Alhamdulillah rencana kita sudah disiapkan sebaik mungkin. Termasuk membahas tentang perekrutan saksi yang akan memantau hasil suara di garis terdepan pada saat pemilihan umum," terangnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum menyatakan siap jika PPP menugaskannya untuk berpasangan dengan Ketua DPW PAN Jabar Desy Ratnasari pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2024 namun dirinya juga siap disandingkan dengan tokoh lain.

"Saya dengan siapa pun mangga (silakan), dengan Desy pun saya siap, tergantung partai yang mengusung. Karena kalau saya punya keinginan, kalau partai tidak mengusung, apa boleh buat. Jadi saya dengan Desy pun siap. Atau pun siapa pun," ujarnya.

Uu yang menjadi wakil ketua DPW PPP Jabar menyatakan, saat ini, ia sedang meningkatkan berbagai kesiapannya menjelang Pilgub Jabar 2024. Uu mengatakan, semua keputusan ada di tangan partai. Jika pada akhirnya ia tidak disandingkan dengan Desy Ratnasari, Uu juga siap akan mengikuti semua arahan partai.

baca juga: Emak-Emak dan Milenial Jateng Dukung Ganjar dan Sandiaga Uno di Pilpres 2024

Eks bupati Tasikmalaya tersebut menuturkan, saat ini sedang berupaya melaksanakan tugas PPP untuk menggenjot popularitas dan elektabilitasnya menjelang Pilgub Jabar 2024. Hal tersebut untuk memastikan ia dapat dipercayai partai yang akan mengusungnya kelak di Pilgub Jabar 2024.

"Sekali lagi, sebagai kader partai, saya siap. Namun saya harus layak pada waktunya. Sekalipun siap, kalau tidak layak, partai sendiri pun
tidak mencalonkan. Tetapi kalau sudah layak pada waktunya, jangankan hanya PPP, kami yakin partai lain pun akan tertarik, maka saya sekarang ikhtiar saja," tambahnya.(N-1)

 

 

Baca Juga

dok.Ant

Saat Gus Mus, Iwan Fals, Kang Emil dan Sujiwo Tejo Merespon Kode Rambut Putih Jokowi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 05:51 WIB
SOAL kode "rambut putih" hari-hari belakangan ramai jadi perbincangan netizen, usai Presiden Joko Widodo menyinggungnya sebagai...
Dispenal

Penunjukkan Yudo Margono Dinilai sebagai Upaya Pemenuhan Janji Politik Jokowi

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Rabu 30 November 2022, 22:21 WIB
Penunjukkan Yudo Margono dinilai sebagai upaya pemenuhan janji politik menjadikan Indonesia sebagai poros maritim...
MI/Adam Dwi

MK Tolak Permohonan Advokat Soal Saksi Dapat Pendampingan Hukum

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 30 November 2022, 21:06 WIB
MK menegaskan pendampingan saksi oleh penasihat hukum (advokat) dalam pemeriksaan perkara pidana penting. Namun, materi dimaksud tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya