Selasa 26 Juli 2022, 17:41 WIB

KPU Lakukan Pergeseran Alokasi Anggaran untuk Biaya Tahapan Pemilu 2024

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
KPU Lakukan Pergeseran Alokasi Anggaran untuk Biaya Tahapan Pemilu 2024

ANTARA
Ilustrasi - Mahasiswa ISI Surakarta membuat mural dengan tema pemilu di Pasar Gede, Solo.

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI menyebut pihaknya melakukan pergeseran alokasi anggaran lantaran usulan tambahan anggaran untuk tahun 2022 sebesar Rp5,6 Triliun masih dalam proses pencairan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

Pasalnya, anggaran 2022 yang dikucurkan pemerintah baru Rp2,4 Triliun atau kurang Rp5,6 Triliun. Adapun pergeseran alokasi anggaran dilakukan untuk biaya tahapan Pemilu 2024 yang sudah dimulai pada 14 Juni silam. 

Baca jugaJadi Buronan KPK, Mardani Maming Malah Keliling Berziarah

“Kami melakukan pergeseran alokasi angagran sesuai prioritas untuk mendukung tahapan yang saat ini sudah berjalan,” ujar Komisioner KPU, Yulianto Sudrajat, di kantor KPU, Jakarta, Selasa (26/9). 

Apalagi, kata Yulianto, tahapan pemilu bakal memasuki tahapan pendaftaran parpol pada 1-14 Agustus mendatang. Artinya, KPU membutuhkan anggaran yang belum cair untuk mendukung tahapan yang sudah berjalan. 

Yulianto menegaskan bahwa pengajuan anggaran biaya tambahan untuk 2022 ini sudah dikoordinasikan dengan Kemenkeu, Badan Anggaran (Banggar) hingga Sekretaris Jenderal KPU. 

Yulianto juga mengaku seluruh perlengkapan dan kebutuhan data yang diminta Kemenkeu sudah dilengkapi dan proses penelaahan telah selesai. Artinya, KPU kini tinggal menunggu Kemenkeu terkait hasil penelaahan tersebut. (OL-6)

Baca Juga

Antara

Presiden: Agenda Besar Bangsa tidak Boleh Berhenti

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 14:16 WIB
Kepala Negara mengajak semua komponen bangsa untuk selalu waspada dan bersiaga. Khususnya, di tengah ancaman krisis yang masih menghantui...
MI/RAMDANI

Surya Paloh Ingin Pembangunan IKN Terus Dilanjutkan oleh Pengganti Jokowi

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 14:11 WIB
Surya Paloh berharap apa yang telah diletakkan menjadi dasar pembangunan dan telah diundangkan khususnya perpindahan ibu kota itu akan...
Antara

Jokowi Teken Keppres Pembentukan Tim Usut Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:59 WIB
Dengan ditekennya beleid tersebut, Presiden Jokowi memastikan bahwa penyelesaian berbagai kasus pelanggaran HAM di berat masa lalu menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya