Kamis 21 Juli 2022, 14:07 WIB

Menkumham: Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual Bisa Jadi Agunan

Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum
Menkumham: Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual Bisa Jadi Agunan

MI/ M Irfan
Menkumham Yasonna Laoly

 

MENTERI Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly mengatakan sertifikat hak kekayaan intelektual bisa diagunan ke bank.

"Sertifikat itu sudah memiliki nilai jual, kalau kita tiba-tiba membutuhkan uang itu bisa gadaikan di bank," kata Yasonna dalam Roving Seminar Kekayaan Intelektual di Yogyakarta, Kamis (21/7).

Yasonna menuturkan aturan itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif yang telah disahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Beleid itu bentuk perhatian pemerintah untuk melindungi karya para pelaku industri kreatif.

"Kita melihat setiap harinya banyak muncul ide kreatif segar anak bangsa dari berbagai bidang, ide kreatif yang berlimpah ini sebetulnya ada sumber daya tanpa batas yang memiliki ekonomi tinggi," ujar Yasonna.

Peraturan tersebut juga mensyaratkan bahwa kekayaan intelektual harus tercatat atau terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham. Yasonna tak memungkiri diperlukan peraturan pelaksana untuk menyempurnakan pelaksanaan beleid tersebut.

"Serta komunikasi lebih lanjut oleh para stakeholder agar mekanismenya berjalan sesuai aturan dan memberikan dampak positif bagi perekonomian," ujar politisi Partai PDI-P itu.

Lembaga keuangan, kata Yasonna, juga akan menentukan nilai dari kekayaan intelektual yang telah didaftarkan. Makin tinggi value dan potensi ekonomi dari karya cipta, merek atau paten yang dimiliki tersebut, maka pinjaman bernilai tinggi.

"Kita harap sosialisasi juga dari perbankan, bahwa hak cipta jadi jaminan fidusia," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

dok.Ant

Pelaku Obstruction of Justice dalam Kasus kematian Brigadir J, seluruhnya dari DivPropam Polri

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 22:54 WIB
PELAKU obstruction of justice atau  menghalangi penyidikan dalam kasus pembunuhan Brigadir J seluruhnya dari Divpropam...
dok.ist

FKPP: Suharso Didemo Karena Dinilai Menistakan Kiai dan Pesantren

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 22:44 WIB
Front Kader Penyelamat Partai (FKPP) berunjurasa di depan Gedung DPP PPP karena ucapan Ketum PPP Suharso Monoarfa dinilai menistakan kiao...
Ist

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Tabur Kebaikan di Lima Provinsi 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 22:12 WIB
Sahabat Ganjar membagikan ratusan paket sembako kepada masyarakat di Kota Jakarta Barat, Kabupaten Indramayu, Kota Bukittiggi, Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya