Minggu 03 Juli 2022, 22:09 WIB

KPU Berkomitmen Perkuat Literasi Pemilih

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
KPU Berkomitmen Perkuat Literasi Pemilih

Antara
Komioner KPU Idham Holik

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan akan meningkatkan literasi elektoral bagi pemilih guna menyukseskan Pemilu 2024.

Menurut Komisioner KPU, Idham Holik, pendidikan pemilih itu merupakan hak politik pemilih yang harus dipenuhi semua pihak.

“Dalam konteks penyelenggaraan pemilu, kami KPU sangat dan berkomitmen untuk meningkatkan literasi elektoral pemilih,” tutur Idham kepada Media Indonesia, Minggu (3/7).

“Misalnya, dalam proses pemberian suara nanti pada pemungutan suara, maka pemilih bisa menggunakan hak memilihnya dengan benar,” tambahnya.

Sehingga, lanjut Idham, tidak ada lagi surat suara yang tidak sah atau invalid vote di daerah pemilihan.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) berencana  menggelar pendidikan politik jelang Pemilu 2024. 

Sekretaris Ditjen Polpum Kemendagri Imran, mengemukakan hal itu dilakukan guna mengawal proses tahapan Pemilu 2024.

Imran mengaku pihaknya beserta penyelenggara dan pemerintah telah dan terus akan melaksanakan sosialisasi edukasi politik kepada masyarakat.

"Bahkan sebelum PKPU ditetapkan pun, kemendagri telah melakukan sosialisasi kepada seluruh Badan Kesabangpol, KPUD, dan Bawaslu Daerah," ungkapnya.

Ditjen Polpum juga, sambung Imran, mendukung melaksanakan pendidikan politik bagi masyarakat. "Kita harus support dan menyemangati penyelenggara, ada tugas besar negara yang harus dilakukan oleh penyelenggara tahun 2024 yang akan datang yaitu Pemilu dan pilkada serentak," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok. DPR RI

Ketua DPR Puji Ketegasan Kapolri Copot Polisi yang Terlibat Praktik Ilegal

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 09:42 WIB
“DPR RI mendukung upaya tegas yang dilakukan Kapolri terkait praktik-praktik ilegal, termasuk bila terjadi di tubuh Polri...
dok.Ant

Pelaku Obstruction of Justice dalam Kasus kematian Brigadir J, seluruhnya dari DivPropam Polri

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 22:54 WIB
PELAKU obstruction of justice atau  menghalangi penyidikan dalam kasus pembunuhan Brigadir J seluruhnya dari Divpropam...
dok.ist

FKPP: Suharso Didemo Karena Dinilai Menistakan Kiai dan Pesantren

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 22:44 WIB
Front Kader Penyelamat Partai (FKPP) berunjurasa di depan Gedung DPP PPP karena ucapan Ketum PPP Suharso Monoarfa dinilai menistakan kiao...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya