Selasa 17 Mei 2022, 16:45 WIB

DPR Bakal Panggil Mendagri Soal Pelantikan 5 Penjabat Gubernur

Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum
DPR Bakal Panggil Mendagri Soal Pelantikan 5 Penjabat Gubernur

MI/Susanto
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (tengahi) berfoto bersama dengan lima penjabat gubernur

 

KOMISI II DPR berencana memanggil Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terkait pelantikan lima penjabat kepala daerah. Lima penjabat tersebut dilantik pada Kamis, 12 Mei 2022.

"Akan diagendakan kita mengundang Mendagri khusus bicara soal itu," kata Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, hari ini.

Doli belum mengungkap hal apa saja yang akan didalami dalam pemanggilan tersebut. Jadwal pemanggilan juga belum dipastikan. "Jadi nanti dalam waktu dekat kita akan sepakati (jadwalnya)," ucap Doli.

Politikus Partai Golkar itu menilai pengangkatan penjabat kepala daerah merupakan isu strategis. Terlebih, ratusan penjabat kepala daerah akan diresmikan sepanjang 2022 hingga 2023.

Baca juga: Masuki Masa Sidang, DPR Soroti Hepatitis Akut hingga Pemilu 2024

"Penjabat kepala daerah dengan jumlah yang banyak untuk tahun 2022 dan 2023 itu kan menjadi strategis dan sekaligus sensitif. Karena mereka ini kan akan menjabat kepala daerah sampai pada pelaksanaan Pemilu 2024," ujar Doli.

Mendagri Tito Karnavian resmi melantik lima penjabat kepala daerah pada Kamis, 12 Mei 2022. Mereka dilantik di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri.

Kelima penjabat kepala daerah tersebut, yaitu Al Muktabar menjadi Pj Gubernur Banten, Ridwan Djamaluddin menjadi Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Akmal Malik menjadi Pj Gubernur Sulawesi Barat, Hamka Hendra Noer menjadi Pj Gubernur Gorontalo, dan Komisaris Jenderal (Purn) Paulus Waterpauw menjadi Pj Gubernur Papua Barat. (OL-4)

Baca Juga

Dok pribadi

Pengadilan Negeri Manokwari Batalkan Putusan MA

👤Media Indonesia 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:20 WIB
KEMENANGAN perkara perdata antara Rico Sia melawan Pemerintah Provinsi Papua Barat yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkrah) di...
dok.ist

Millie Lukito Ditunjuk Sebagai Ketua Bidang Ekonomi DPP Partai NasDem

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 20:59 WIB
Millie Lukito baru-baru ini ditunjuk sebagai Ketua Bidang Ekonomi Partai NasDem Periode 2022-2024....
Antara

Mendekati Tahun Politik, Waspadai Berita Hoaks Berkelanjutan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 20:50 WIB
Kemajuan teknologi memudahkan penyebarluasan informasi melalui media digital. Masyarakat harus mewaspadai informasi tidak benar atau hoaks...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya