Sabtu 05 Februari 2022, 08:32 WIB

Ketua DPR Apresiasi Langkah Pemerintah Berhasil Hapus Sanksi WADA

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Ketua DPR Apresiasi Langkah Pemerintah Berhasil Hapus Sanksi WADA

DOK DPR RI
Ketua DPR RI Dr (HC) Puan Maharani.

 

KETUA DPR RI Puan Maharani mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia yang berhasil melakukan langkah-langkah strategis menghapus sanksi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA).
  
Menurut dia, pencabutan sanksi tersebut sangat melegakan, khususnya bagi para atlet nasional yang sedang mempersiapkan diri bertanding pada sejumlah ajang internasional yang akan datang.
  
''Saya memberikan apresiasi atas upaya tim Indonesia yang berhasil menghapus sanksi dari WADA. Ini merupakan pengalaman yang harus bisa dijadikan pelajaran penting agar ke depan tidak terulang lagi,'' kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (4/2). 

Baca Juga: Puan Maharani: Libatkan Publik dalam Pembentukan Regulasi Turunan UU IKN
  
Dia menilai, upaya cepat pemerintah bersama pihak-pihak terkait patut diapresiasi karena akhirnya Indonesia tidak harus menjalani hukuman selama satu tahun.
  
Menurut dia, masyarakat merasakan betapa kecewanya saat tim Indonesia menang di ajang dunia seperti Thomas Cup namun Bendera Merah Putih yang menjadi kebanggaan tidak bisa berkibar di podium.
  
''Namun kita akhirnya lega karena masalah yang menjadi sorotan besar masyarakat Indonesia ini bisa cepat teratasi, dan menjadi pelajaran berarti untuk tidak mengulanginya lagi,'' ujarnya.

Puan menilai pencabutan sanksi WADA yang sudah diumumkan pada Jumat (4/2) akan berdampak pada semangat atlet Indonesia di berbagai ajang olahraga internasional selanjutnya.
  
Dia mencontohkan, tahun 2022 akan digelar Asian Games sehingga bisa dibayangkan jika Merah Putih tidak berkibar, padahal Indonesia punya atlet-atlet hebat yang akan membawa banyak medali.
  
Puan pun berpesan kepada Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) agar tidak lagi lalai untuk mengikuti aturan-aturan yang diharuskan, khususnya yang terkait dengan kebijakan internasional. ''Karena dampaknya bukan hanya akan dirasakan lembaga secara internal namun juga para atlet serta rakyat Indonesia secara keseluruhan,'' katanya.
  
Menurut dia, kelalaian bisa berakibat pada nama baik dan kehormatan bangsa sehingga diharapkan pemerintah, khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus melakukan pengawasan agar Indonesia terhindar dari segala sanksi di dunia olahraga. (OL-10)
  
  

Baca Juga

ANTARA/Aprillio Akbar

Masih Berduka, Pengganti Menteri Tjahjo belum Diputuskan

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 19:05 WIB
Mengenai fungsi dan tata kelola dari Kementerian PAN-Rebiro, Faldo mengatakan tetap berjalan...
Ist

Taruna-Taruni Akpol Harus Dengar dan Serap Aspirasi Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:38 WIB
Mereka yang dinyatakan lulus tahun ini sebanyak 246 orang, yang terdiri dari 215 taruna dan 31...
MI/Pius Erlangga

Duta Palma Group Bisa Jadi Tersangka Korporasi Korupsi Penguasaan Lahan Sawit

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:30 WIB
Duta Palma Group telah melawan hukum dengan membuat dan mendirikan lahan tanpa dilandasi hak yang melekat atas perusahaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya