Kamis 27 Januari 2022, 19:40 WIB

Penyidik Kejagung Panggil Dua Jenderal Purnawirawan di Kasus Satelit 

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Penyidik Kejagung Panggil Dua Jenderal Purnawirawan di Kasus Satelit 

MI/M. Irfan
Gedung Kejaksaan Agung

 

PENYIDIK Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus) Kejaksaan Agung memanggil dua jenderal purnawirawan terkait kasus korupsi satelit. Berdasarkan pantauan Media Indonesia, terdapat nama Laksamana Pertama (Purn) Listyanto dan Laksamana Muda Leonardi di layar monitor daftar saksi di lobi Gedung Bundar. 

Keduanya dipanggil sebagai saksi dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi proyek pengadaan Satelit Slot Orbit 123 Derajat Bujur Timur (BT) di Kementerian Pertahanan (Kemhan) Tahun 2015-2021. 

Dalam layar tersebut, dijelaskan bahwa Listyanto dan Leonardi masing-masing dipanggil dalam kapasitasnya sebagai Mantan Kepala Pusat Pengadaan dan Mantan Kepala Badan Sarana Pertahanan (Baranahan) Kemenhan. 

Kendati demikian, nama keduanya tidak tertera dalam daftar saksi yang telah diperiksa oleh penyidik. Hal itu didasari pada keterangan tertulis Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak. 

Menurut Leonard, saksi yang diperiksa dalam penyidikan dugaan korupsi satelit hari ini, Kamis (27/1) berasal dari PT LEN. Mereka adalah Asisten Direktur (Asdir) Pengembangan Bisnis Pertahanan dan Keamanan (Hankam) PT LEN 2015-2016 Nurman Setiawan serta Maisyaf selaku Manager manajemen dan Rekayasa Proyek PT LEN 2015. 

Baca juga : KPK tetapkan Eks Dirjen Kemendagri tersangka Suap Dana PEN

Pemeriksaan tersebut, kata Leonard, dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan. 

"Tentang suatu perkara pidana yang mereka dengar, lihat, dan alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi," pungkasnya. 

Terpisah, Direktur Penyidikan JAM-Pidsus Supardi menyebut pihaknya merencanakan pemanggilan ulang saksi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pekan depan. Sebelumnya pada Selasa (25/1), penyidik memanggil tiga petinggi Kemenkominfo. 

Mereka adalah Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Budi Setiawan, Direktur Penataan Sumber Daya Titon Dutono, dan Kepala Sub Direktorat Orbit Satelit pada Ditjen SDPPI Mulyadi. (OL-7)

Baca Juga

Dok MI

27 Kampung di Sangihe Belum Cairkan Dana Desa

👤Ant 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:54 WIB
Sedangkan 118 kampung lainnya kata dia telah melakukan pencairan tahap...
dok.ist

Stafsus Wapres Minta Kasus Titan jadi Perhatian Serius Penegak Hukum

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:20 WIB
KASUS penyalahgunaan kredit PT Titan Infra Energy di Bank Mandiri serta sindikasi bank lainnya harus menjadi perhatian serius Aparat...
Dok.MI

Sekjen Gerindra: Ucapan Terima Kasih di Politik Mulai Hilang

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:08 WIB
Dia mengatakan, dalam tradisi politik Indonesia, terimakasih adalah suatu yang langka dan jarang dijumpai sehingga menjadi suatu hal yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya