Jumat 22 Oktober 2021, 14:27 WIB

Long Covid Diprediksi Jadi Fenomena Baru di 2022

Putri Anisa Yuliani | Politik dan Hukum
Long Covid Diprediksi Jadi Fenomena Baru di 2022

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pengendara motor melintas di depan mural tentang COVID-19 di Jakarta

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta mengingatkan masyarakat bahwa masih terdapat efek pascasembuh dari penyakit covid-19 yang bisa dialami. Efek tersebut dinamakan Long Covid.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama dalam webinar, Kamis (21/10). Ngabila menjelaskan, Long Covid dapat bertahan berbulan-bulan bahkan satu tahun setelah sembuh tergantung dari rendah-beratnya gejala yang dialami selama diisolasi karena terinfeksi virus corona.

Fenomena masyarakat yang banyak mengalami Long Covid ini diprediksi akan mulai muncul tahun depan. "Lalu long covid itu adalah ratusan gejala yang mungkin muncul sesudah orang sembuh dari covid yang bisa bertahan sampai 1 tahun ke depan," kata Ngabila.

Baca juga: Rachel Vennya Dicecar 35 Pertanyaan di Polda Metro Jaya

Menurut Ngabila, salah satu ciri Long Covid adalah sulit tidur, depresi, penciuman yang belum pulih sepenuhnya, dan sesak napas. Ia pun mengimbau kepada manajemen puskesmas untuk mengantisipasi munculnya pasien dengan gejala Long Covid dengan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Ini potensi masalah baru karena di 2022 ada beberapa orang sembuh dari covid jadi depresi, sulit tidur. Tidak bisa cium bau dengan baik, ngos-ngosan sesak. Ini harus diantisipasi dan beri edukasi baik dan kalau bisa beri layanan edukasi dan psikologi untuk masyarakat bisa konsultasi di puskesmas," jelasnya.

Ngabila yang juga penyintas covid-19 pun menyarankan agar masyarakat menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga serta menjaga asupan nutrisi untuk meminimalisir efek Long Covid.

"Tingkatkan germas. Jalani hobi yang disukai, hindari hal-hal yang membuat kita stres, tidur yang cukup, jaga asupan nutrisi, dan berolahraga secara rutin. Ini sangat membantu. Saya dulu sering sesak kalau sudah kelelahan atau stres. Sekarang tidak lagi. Dampak positifnya juga berat badan saya turun dan saya merasa lebih sehat dan bugar," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

dok.ist

Hakim Anggota Pengadilan Pajak Kasus SBS Dinilai Tak Profesional

👤Muhamad Fauzi 🕔Selasa 30 November 2021, 11:17 WIB
KETUA Pengadilan Pajak diminta mengganti hakim dalam kasus pajak PT SBS agar penanganan kasus pajak tersebut berjalan sesuai kaidah hukum...
Ist/DPR

BURT DPR Kritisi Aturan Wajib Rapid Test Antigen bagi Pendatang di Bandara Sam Ratulangi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 30 November 2021, 09:41 WIB
  Wakil Ketua BURT Evita Nursanty mengungkapkan kebijakan daerah tersebut menimbulkan pertanyaan dari sebagian besar masyarakat...
Ist/DPR

Puan: Potensi Kekuatan Non-Blok Bisa Wujudkan Kemerdekaan Palestina

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 30 November 2021, 09:25 WIB
Dalam Forum Inter Parliamentary Union (IPU) General Assembly ke-143 di Madrid, Spanyol, Puan menyatakan komitmennya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya