Selasa 12 Oktober 2021, 08:03 WIB

KMI Heran Fadli Zon Sarankan agar Densus 88 Dibubarkan

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
KMI Heran Fadli Zon Sarankan agar Densus 88 Dibubarkan

Ant
Ketua KMI Edi Homaidi

 

KAUKUS Muda Indonesia (KMI) menilai saran politisi Partai Gerindra, Fadli Zon agar Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri dibubarkan tidak masuk akal.

“Keberadaan Densus 88 masih diperlukan selama teroris masih berkeliaran di Tanah Air. Jadi kami menilai saran Bang Fadli Zon sangat tidak masuk akal,” kata Ketua KMI Edi Homaidi melalui keterangan tertulisnya, Selasa (12/10).

Edi menjelaskan sejumlah keberhasilan Densus 88 dalam menegakan hukum terhadap para terorisme di Indonesia. Bahkan dengan prestasinya, Densus 88 menjadi salah satu detasemen antiteror terbaik di dunia

“Dengan segudang prestasi Densus 88 tersebut, rasa-rasanya heran dengan saran Bang Fadli Zon yang meminta Densus 88 dibubarkan,” ujar Edi yang juga Direktur Eksekutif Salemba Institute.

Apalagi, masih menurut eksponen Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu, saran pembubaran Densus 88 dengan narasi islamofobia di tengah masyarakat saat ini sangat berbahaya. Hal itu juga menggambarkan penilaian yang sempit tentang dinamika gerakan sosial terkait penyebaran paham radikal yang sudah berkembang sedemikian rupa.

"Kita tidak bisa menutup mata dengan fakta bahwa hari ini penyebaran paham radikalisme begitu massif dan potensi ancaman terorisme di negara kita masih sangat terbuka. Begitu kita lengah dan lemah, mereka akan sangat leluasa menjalankan aksinya,” ujarnya.

Sebelumnya, mantan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon melalui akun Twitter resminya @fadlizon, Rabu (6/10/2021) menilai Densus 88 terkesan menjadikan urusan teroris sebagai komoditas. Karenanya, dia menyarankan agar Densus 88 dibubarkan.

Pernyataan Fadli tersebut menanggapi narasi dari pejabat Densus 88 bahwa kelompok Taliban di Afghanistan menginspirasi teroris di Tanah Air. (OL-13)

Baca Juga: Fadli Zon Minta Densus 88 Bubar, Kadensus: Itu Koreksi Buat Kami

Baca Juga

ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Perjanjian Batas Wilayah Informasi Penerbangan Jadi Capaian Berharga

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 26 Januari 2022, 15:11 WIB
“Perjanjian FIR ini merupakan manifestasi dari kerja keras dan negosiasi panjang yang dilakukan pemerintah sejak tahun 1990-an. Ini...
Biro Setpres

KSP: Penunjukan Kepala Otorita IKN tak Ada Kaitan dengan 2024

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 26 Januari 2022, 14:00 WIB
"Jadi tidak ada kepentingan-kepentingan. Presiden Jokowi itu sudah tidak ada lagi kepentingan politiknya. Untuk apa? Orang 2024 sudah...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Pemohon Sebut Hanya Dua Calon Presiden Picu Masyarakat Terbelah

👤 Indriyani Astuti 🕔Rabu 26 Januari 2022, 13:44 WIB
Pada pemilu sebelumnya, ujar Refly, secara faktual sudah terjadi pembelahan di masyarakat terutama ketika presiden hanya dua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya