Sabtu 18 September 2021, 06:55 WIB

Butuh Kampanye Masif untuk Lindungi Data Pribadi

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Butuh Kampanye Masif untuk Lindungi Data Pribadi

MI
Ilustrasi data pribadi

 

PERAN tenaga pendidik dianggap penting sebagai penopang terwujudnya Rancangan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP). Tenaga pendidik harus turut andil untuk memberikan edukasi dan informasi kepada peserta didik dan masyarakat lain guna mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan data pribadi.

"Dalam menghadapi perkembangan teknologi yang sangat cepat, literasi digital merupakan kunci dan pondasi utama yang harus dimiliki," ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel A. Pangerapan dalam keterangannya, Sabtu (18/9).

Menurut dia, inisiatif kegiatan literasi digital diharapkan dapat memfasilitasi dan semakin mendorong terwujudnya masyarakat digital yang cerdas. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Siberkreasi berkomitmen akan terus melakukan upaya peningkatan literasi digital.

Baca juga: Pemerintah belum Mau Bentuk Lembaga Khusus Pengawas Data Pribadi

Anggota Komisi I DPR RI Rizki Natakusumah menyampaikan Legislator memiliki hak budgeting dengan menyoroti alokasi anggaran pembangunan infrastruktur telekomunikasi, teknologi, dan lainnya. Tujuannya untuk memastikan kesesuaian dengan sasarannya.

"Legislator dalam hal ini pihak DPR RI untuk bekerja sama dengan pemerintah membuat payung hukum atas satu tantangan baik masa kini ataupun masa depan," urainya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal PB PGRI Jejen Musfah menjelaskan RUU PDP lahir dari banyak penyalahgunaan atau penyimpangan data pribadi yang dilakukan oleh individu atau kelompok.

"Kemudian, kita sebagai pendidik penting untuk mengedukasi, menyampaikan kepada siswa dan masyarakat bahwa yang pertama tentu kita tidak ingin menjadi korban dari penyalahgunaan data pribadi. Jika kita memahami RUU PDP maka kita dapat mengantisipasi permasalahan tentang penyalahgunaan data pribadi," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok MI

Komisi III DPR Desak Tindak Tegas Dugaan Bisnis Narkoba di Lapas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 14:45 WIB
Karena dugaan bisnis kotor ini bukan hal baru, bahkan sudah berjalan cukup lama dan hampir terjadi di setiap...
MI/Adam

Wapres Tinjau GKI di Tanah Papua

👤 Indriyani Astuti 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 14:03 WIB
Wapres mengapresiasi dan memberikan ucapan terima kasih kepada pengurus GKI Jemaat Pniel Jayapura yang telah berkontribusi dalam melakukan...
dok pribadi

Sandi Berpeluang Dampingi Airlangga Pilpres 2024

👤RO/Micom 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 11:23 WIB
Sandi salah satu tokoh yang mempunyai eletabilitas tinggi. Hal ini juga menjadi nilai tambah untuk berpasangan dengan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya