Selasa 25 Mei 2021, 19:50 WIB

MKD Tunggu Proses Hukum KPK Terkait Azis Syamsuddin

Putra Ananda | Politik dan Hukum
MKD Tunggu Proses Hukum KPK Terkait Azis Syamsuddin

MI/M. Irfan
Ilustrasi sidang Mahkamah Kehormatan Dewan

 

MAHKAMAH Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI menjamin akan terus memproses laporan dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Golkar Azis Syamsuddin hingga tuntas. Namun, Wakil Ketua MKD dari Fraksi Partai Gerindra, Habiburrohman menjelaskan, MKD tidak akan mendahului proses hukum yang saat ini sedang dilakukan oleh KPK. 

"Kalau Pak Azis ini kita tidak mungkin offside. Kita tidak mungkin mendahului KPK karena sudah dalam proses hukum," ungkap Habiburohman di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (25/5). 

Habiburohman menjelaskan, MKD harus menunggu proses hukum KPK. Hal tersebut dilakukan agar putusan MKD dan KPK tidak saling bertentangan satu sama lain. 

"Selama ini kita selalu mengikui putusan penegakkan hukum supaya ga saling bertentangan," ungkapnya. 

Selain perkara Azis Syamsudiin, MKD sendiri saat ini tengah memproses perkara lain dengan total 11 perkara. Dalam waktu dekat MKD akan memproses pekara pelanggaran etik yang dilakukan oleh anggota fraksi Partai Gerindra Rahmat Muhajirin dalam kasus pencurian 21,5 ton Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar yang terjadi di Surabaya. 

Baca juga : Pemerintah dan DPR Sepakat Lanjuti RUU Landas Kontinen

"Saya pikir kan kita kemarin ada 11 perkara. Yang terdekat jelas bukan perkara Pak Azis. Ada perkara di surabaya soal pencurian solar. Pelapor yang itu akan dipanggil minggu depan," ungkapnya. 

Semenjak kasusnya mencuat ke publik, Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sudah lama tidak terlihat beraktivitas di kompleks DPR RI. Ia juga tidak hadir dalam rapat paripurna DPR ke-19 masa persidangan V tahun 2020-2021. Ini berarti sudah kali ketiga mantan Ketua Komisi III DPR itu absen di forum tertinggi parlemen.

Dikonfirmasi mengenai hal itu, Ketua Bakumham DPP Partai Golkar Supriansa menjelaskan ihwal ketidakhadiran Azis. Dia memastikan bahwa Azis saat ini masih berada di kediaman pribadi.

"Setahu saya beliau ada, walaupun juga saya belum bertemu sampai sekarang. Saya mendengar dari kawan beberapa hari lalu beliau ada di rumah dinas dan sekarang sering di rumahnya katanya," kata Supriansa. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA

Pemilu 2024 Disebut Berpotensi Munculnya Politik Identitas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 13:15 WIB
Mahfudz mengingatkan semua pihak untuk mengantisipasi munculnya kembali politik identitas yang menciptakan pembelahan atau polarisasi...
Ist

IPW Minta Polri Usut Pelanggaran Hukum Pelat Nomor Kendaraan Arteria Dahlan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 13:00 WIB
pelat nomor setiap kendaraan harus ada pembeda. Nomor bisa sama tapi ada pembeda pada huruf atau yang...
MI/MOHAMAD IRFAN

Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Terpilih jadi Ketua DMI Sulteng

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 11:25 WIB
Ahmad M Ali bersedia dan siap mengembangkan DMI, serta mengoptimalkan program-program yang pengembangan fungsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya