Rabu 12 Mei 2021, 06:58 WIB

Dinonaktifkan, Novel Baswedan Tegaskan akan Melawan

Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum
Dinonaktifkan, Novel Baswedan Tegaskan akan Melawan

AFP/BAY ISMOYO
Penyidik KPK Novel Baswedan.

 

PENYIDIK Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menolak keputusan penonaktifkan 75 pegawai yang gagal dalam tes wawasan kebangsaan. Novel nilai Ketua KPK Firli Bahuri sudah membuat keputusan yang keterlaluan.

"Ini kan KPK milik negara, milik kita semua. Kalau ketua-ketuanya bertindak sewenang-wenang ini kan jadi masalah kita semua," kata Novel saat dihubungi, Senin (11/5).

Menurut Novel, keputusan pimpinan KPK untuk menonaktifkan 75 pegawai sudah bukan urusan pribadi lagi. Menurutnya, hal itu sudah merupakan urusan instansi.

Baca juga: Plt Jubir KPK: 75 Orang Tidak Nonaktif

"Ini kita dipertontonkan dengan tindakan ketua KPK yang sewenang-wenang melebihi batasan yang dimiliki itu menarik itu," kecam Novel.

Menurut Novel, keputusan Firli sudah tidak bisa diampuni. Dirinya berjanji akan melakukan perlawanan.

"Perlu kita lihat, kita kaji. Mempertontonkan hal seperti itu kan sebetulnya mencoreng wajahnya sendiri dan mencoreng pemerintahan indonesia itu kan luar biasa," tutur Novel.

Sebelumnya, KPK mengamini menonaktifkan 75 pegawai yang dinyatakan tidak lolos dalam tes wawasan kebangsaan. Lembaga Antikorupsi itu menjamin hak pegawai tetap diberikan meski ke-75 pegawai itu dinonaktifkan.

"Semua hak dan tanggung jawab kepegawaiannya masih tetap berlaku," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa (11/5).

Ali mengatakan pegawai yang gagal tes itu sudah diminta menyerahkan tugas dan tanggung jawab ke atasan masing-masing. Mereka tidak akan bekerja sampai dengan ada keputusan lanjutan. (OL-1)

Baca Juga

freepik.com

Polisi Amankan Delapan Orang Diduga Penganut Aliran Sesat

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 21:55 WIB
Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung mengamankan delapan orang yang diduga membuka pusat pendidikan agama dengan aliran...
Dok. Puspenkum Kejagung

Ferarri Sitaan Kasus ASABRI Laku Rp6,3 Miliar

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 24 Juni 2021, 19:26 WIB
Mobil yang disita dari tersangka Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Heru Hidayat itu laku Rp6,378 miliar. Dalam pelelangan yang dilakukan...
Antara

KPK Eksekusi Mantan Dirut PT DI ke Lapas Sukamiskin

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 24 Juni 2021, 19:01 WIB
Berdasarkan putusan pengadilan, Budi Santoso juga dikenai hukuman uang pengganti senilai Rp2 miliar sesuai jumlah uang yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

REMPAH tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan masyarakat Nusantara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya