Selasa 11 Mei 2021, 00:05 WIB

Kejagung Sita Gedung Rupa Rupi Milik Benny Tjokrosaputro

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Kejagung Sita Gedung Rupa Rupi Milik Benny Tjokrosaputro

Antara
Benny Tjokrosaputro

 

PENYIDIK Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus) Kejaksaan Agung melakukan penyitaan Gedung Rupa Rupi di Bandung terkait kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi di PT Asabri. 

Direktur Penyidikan JAM-Pidsus Kejagung, Febrie Ardiansyah, menyebut gedung itu milik tersangka Komisaris PT Hanson International Benny Tjokrosaputro. Ia menjelaskan gedung tersebut diperuntukkan untuk food court.

"Untuk aset ada tambahan penyitaan Gedung Rupa Rupi di Bandung. Semacam disewakan untuk jual-jual itu ya kaya food court gitu. Itu terkait dengan kepemilikan Benny Tjokro," jelas Febrie di Gedung Bundar Kejagung, Jakarta, Senin (10/5).

Penyitaan tersebut menambah aset yang telah dikumpulkan dari para tersangka Asabri. Febrie menyebut nilai aset sitaan saat ini sudah mencapai lebih dari Rp11 triliun.

Saat ini Kejagung sedang mempersiapkan untuk melelang barang bukti yang disita dari kasus ASABRI maupun megakorupsi Jiwasraya. Febrie menyebut aset yang akan disita berupa mobil maupun kapal. Menurut Febrie, proses pelelangan akan melibatkan Pusat Pemulihan Aset (PPA) Kejagung.

"PPA sudah koordinasi ke Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) untuk menilai asetnya, nanti yang lelang KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang)," jelas Febrie.

Sementara itu, JAM-Pidsus Ali Mukartono menjelaskan proses pelelangan akan berada di tangan Kepala PPA. Nantinya, Kepala PPA yang akan menentukan aset apa saja yang bisa dilelang. Ali menyebut pelelangan dilakukan karena biaya perawatan aset sitaan yang tinggi.

"Baru koordinasi bisa atau tidak, karena beban biaya pemeliharaannya terlalu tinggi," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok. Kemendagri

Kemendagri Apresiasi Tertib Penggunaan Banpol Oleh Parpol

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 21 Juni 2021, 22:34 WIB
“Selama 15 tahun terakhir, tidak ada masalah dengan penyalurannya. Tata kelola untuk administrasi SPJ DPP Partai Demokrat adalah...
dok TNI AL

Bocah Terapung di Laut Diberi Tabungan dan Sepeda

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 21 Juni 2021, 20:31 WIB
TNI Angkatan Laut memberikan apresiasi kepada Ridho Ilhami, bocah yang mampu bertahan selama kurang lebih 3 jam di tengah laut ketika jatuh...
DOK MI

Legislator PDIP Disebut Atur Bansos

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 21 Juni 2021, 19:45 WIB
Untuk memuluskan permintaan proyek bansos oleh rekannya, anggota DPR RI Fraksi PDIP Ihsan Yunus pun sempat menemui Juliari Peter...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya