Selasa 20 April 2021, 17:05 WIB

FPK: Capres 2024 Idealnya dari Figur Kepala Daerah yang Teruji

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
FPK: Capres 2024 Idealnya dari Figur Kepala Daerah yang Teruji

dok.fpk
Forum Pemuda Kebangsaan mendorong capres 2024 dari figur kepala daerah yang teruji.

 

KALANGAN pemuda yang tergabung Forum Pemuda Kebangsaan (FPK) melihat bahwa pemimpin Indonesia ke depan memang setidaknya harus lahir dari figur yang sudah teruji kepemimpinannya, baik di pusat ataupun di daerah. Syarat itu dikatakan ada pada lima sosok kepada daerah.

“Sangat mungkin akan diberikan kesempatan oleh para elit politik yang saat ini memegang kendali pada partai politik, bahwa mereka para kepala daerah cukup memenuhi kriteria sebagai pemimpin nasional,” ujar juru bicara FPK, Ahmad Nawawi di sela-sela diskusi publik dengan tema “Peluang Kepala Daerah Pada Pilpres 2024” di Jakarta,kemarin.

Dalami diskusi tersebut hadir juga Ketum Pemuda Muslimin Indonesia Muhtadin Sabilly, Ketum GPII (Gerakan Pemuda Islam Indonesia) Masri Ikoni, Ketum IPTI (Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia) Ardi Susanto, dan Ketum Himmah Al-Washliyah Aminullah Siagian.

Nawawi yang juga Ketum GEMA Mathlal’ul Anwar itu menyebutkan setidaknya ada lima kepala daerah yang layak menjadi Capres 2024. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, serta Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

“Di luar kelima kepala daerah yang kami sebutkan mungkin saja masih ada juga yang dianggap memiliki kemampuan yang mumpuni untuk memimpin Indonesia, tapi nama-nama tersebut setidaknya kami anggap layak dan mampu memimpin Indonesia 2024-2029,” kata Nawawi.

Sebagaimana diketahui bahwa Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 masih cukup jauh, yakni dua tahunan lagi. Namun, sejumlah lembaga survei telah mengumumkan nama-nama tokoh yang berpeluang menjadi calon presiden (capres) 2024 mendatang.

Khusus untuk trend Capres dari kepala daerah berdasarkan hasil survei ternyata masih diminati oleh masyarakat. Mereka berharap para kepala daerah mampu mengulang sukses Presiden Jokowi yang berangkat dari Walikota, Gubernur hingga menjadi Presiden.

Alasan yang paling banyak dilontarkan oleh masyarakat adalah mereka ada modal pengalaman memimpin daerahnya masing-masing. (OL-13)

Baca Juga

Antara

Kuasa Hukum: Ada Motif Bisnis dan Politik di Balik Kasus Bendum PBNU

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:22 WIB
Irfan menegaskan, Mardani tidak pernah menerima aliran dana seperti yang disebutkan saksi Christian...
dok.ist

PT TGM Minta PT KMI Tinggalkan Areal Tambang Miliknya di Kalteng

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 08:10 WIB
KUASA hukum PT Tuah Globe Mining  (TGM) melayangkan somasi kepada PT Kutama Mining Indonesia (KMI), untuk meninggalkan dan...
Dok Kemendagri

Ditjen Bina Keuda Kemendagri Pacu Pegawai Tingkatkan Kualitas Diri dan Kinerja Pelayanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 23:10 WIB
Idul Fitri merupakan salah satu momentum untuk menguatkan kapasitas diri dan meningkatkan kinerja...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya