Kamis 15 April 2021, 02:45 WIB

Presiden Minta Kepala Daerah Buat Kebijakan Yang Terfokus

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden Minta Kepala Daerah Buat Kebijakan Yang Terfokus

ANTARA
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah terpilih dari ajang Pilkada 2020 untuk membuat kebijakan yang fokus dengan skala prioritas yang jelas. Gubernur, bupati, dan wali kota cukup memiliki dua atau tiga agenda besar yang bisa diselesaikan dalam satu periode kepemimpinan.

Dengan cara tersebut, lanjut Jokowi, kebijakan akan bisa berjalan dengan maksimal hingga akhirnya memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat.

"Menurut saya semakin sedikit kegiatan, semakin mudah mengontrolnya dan semakin kelihatan hasilnya. Saya melihat ada provinsi yang punya 40 ribu mata anggaran kegiatan. Jangan seperti itu. Cukup buat dua atau tiga kegiatan besar sehingga hasilnya bisa dilihat dan dirasakan masyarakat," ujar Presiden dalam Rapat Koordinasi Pimpinan Daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Rabu (14/4) malam.

Sebagai contoh, pemerintah daerah bisa berkonsentrasi pada pembangunan infrastruktur seperti jalan, pasar atau sekolah. Selama dua tahun, fokuskan anggaran pada kegiatan tersebut.

"Saya mau jalan di kabupaten saya mulus. Ya sudah. Konsentrasikan anggaran ke sana. Satu tahun atau dua tahun selesai baru fokus ke yang lain, misalnya bangun pasar. Selesaikan lagi dalam setahun atau dua tahun. Dengan begitu rakyat juga bisa melihat hasil kerja pemimpin daerah," jelas Jokowi.

Pada intinya, Kepala Negara menekankan bahwa sebanyak 60% APBD harus disalurkan untuk kegiatan-kegiatan besar berupa pembangunan-pembangunan. Kemudian, sisanya, baru dibelanjakan untuk keperluan aparatur.

"Jangan sampai yang namanya anggaran itu diecer-ecer, dibagi rata ke masing-masing unit, ke masing-masing dinas. Tidak akan ada hasilnya. Tidak akan ada manfaatnya bagi masyarakat. Kalau begitu, kepala daerah pasti tidak akan terpilih lagi," tegasnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/Susanto

Pemimpin OTT Bupati Nganjuk tidak Lolos Tes ASN

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 10 Mei 2021, 12:34 WIB
Harun merupakan salah satu orang yang dinyatakan gagal dalam tes wawasan kebangsaan. Dia tetap melakukan pemberantasan korupsi meski status...
MI/Heri Susetyo

Bupati Nganjuk Kena OTT, Kemendagri Tugaskan Gubernur Tunjuk Plt

👤Indriyani Astuti 🕔Senin 10 Mei 2021, 12:00 WIB
Hal itu agar pelayanan publik tetap berjalan meskipun Bupati Nganjuk, sebagai kepala daerah, tengah menjalani proses...
Antara

Ruangan BKD Nganjuk Disegel

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 10 Mei 2021, 11:40 WIB
Informasinya, ruangan di BKD Kabupaten Nganjuk yang disegel itu adalah ruang sub bidang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berharap tidak Ada Guncangan Baru

LAPORAN Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2021 tumbuh di angka -0,74% (year on year/yoy).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya