Sabtu 03 April 2021, 19:40 WIB

Wapres: Tunjukkan Islam yang Ramah bukan yang Marah

Andhika prasetyo | Politik dan Hukum
Wapres: Tunjukkan Islam yang Ramah bukan yang Marah

MI/Agus Mulyawan
Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin memberi sambutan secara virtual pada acara perayaan Paskah.

 

WAKIL Presiden Maruf Amin berpesan kepada Mathlaul Anwar dan seluruh organisasi Islam di Indonesia untuk menyampaikan dakwah dengan cara yang sejuk. Para pemuka agama, kata Wapres, wajib menunjukkan kepada dunia bahwa Islam adalah agama yang ramah, bukan agama yang marah.

"Mathlaul Anwar harus menjaga komitmen dan khittah dengan terus mengajarkan Islam yang wasathy, yaitu Islam yang ramah, bukan Islam yang marah. Dakwah Islam harus kita jalankan dengan cara yang sejuk, dengan narasi kerukunan, bukan narasi konflik apalagi kekerasan," ujar Maruf saat menutup Muktamar Mathlaul Anwar ke-20 secara virtual, Sabtu (3/4).

Baca juga: Paskah, Wapres Harap Tokoh Agama Jaga Kerukunan Antar Umat

Pemerintah juga berpesan kepada salah satu organisasi keislaman terbesar di Tanah Air itu untuk konsisten menjalankan tugas keulamaan yaitu membangun kemaslahatan dan kemanfaatan, serta menghilangkan berbagai kerusakan dan bahaya, termasuk dalam hal ini covid-19.

Menangkal bahaya covid-19, sambung wapres, merupakan sebuah kewajiban. "Ini bukan lagi bahaya yang masih diduga, melainkan bahaya yang sudah nyata. Oleh karena itu sudah jadi kewajiban kita semua menangkal bahaya itu," tegasnya.

Pesan lain yang disampaikan Wapres kepada Mathlaul Anwar adalah konsisten membangun peradaban bangsa melalui layanan pendidikan, dakwah dan sosial. "Sangat penting pula bagi Mathlaul Anwar untuk melakukan penataan ke dalam dengan membangun dan membenahi ribuan satuan pendidikan yang dikelolanya, sebagai langkah awal dari upaya menata umat secara luas," ucapnya.

Pemerintah pun berkomitmen untuk bersinergi membangun pendidikan bersama Mathlaul Anwar sebagai wujud pelaksanaan amanat konstitusi, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, guna menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berakhlak mulia. (Pra/A-1)

Baca Juga

Antara

Putusan PK Djoko Susilo jadi Alaram Urgensi UU Perampasan Aset

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 09 Mei 2021, 21:00 WIB
Menurut Yenti, UU Perampasan Aset akan mengatur proses barang bukti yang disita sejak tahap penyidikan sampai proses...
Antara

KPK Pastikan Data Barang Rampasan dari Djoko Susilo Tersimpan Baik

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 09 Mei 2021, 20:45 WIB
KPK memastikan data arsip barang yang telah dirampas dalam perkara korupsi proyek simulator SIM untuk terpidana mantan Kakorlantas...
MI/Koresponden

Dalang Kerusuhan Papua, Victor Yeimo Diciduk Satgas Nemangkawi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 09 Mei 2021, 20:37 WIB
Kepala Satgas Operasi Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudusy membenarkan informasi mengenai penangkapan Victor Yeimo di Jayapura,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berharap tidak Ada Guncangan Baru

LAPORAN Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2021 tumbuh di angka -0,74% (year on year/yoy).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya